Daftar Penerima Bantuan Enam Jenis Bansos yang Cair Juni 2024

Pemerintah siapkan Rp 470 triliun untuk 7 jenis bansos 2023
Sumber :
  • Pixabay.com

Banten.Viva.co.id - Daftar penerima bantuan sosial (bansos) yang cair di bulan Juni 2024. Pemerintah kembali mencairkan berbagai macam bansos pada Juni 2024 ini.

Pak Jokowi! Program Indonesia Pintar di Kota Serang Dikorupsi ASN & Orang Dekat Staf DPR RI

Program Bansos yang digelontorkan pemerintah, bertujuan membantu masyarakat yang mengalami kesusahan. Sehingga taraf hidupnya bisa terus meningkat.

Melansir dari akun YouTube Info Bansos, berikut adalah tujuh jenis Bansos yang dicairkan mulai awal bulan Juni 2024 ini:

RT, RW Hingga Nelayan Kota Cilegon Kini Dilindungi BPJS

1) Program Indonesia Pintar (PIP). Bansos Pelajar melalui program Indonesia Pintar (PIP) kembali diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan pencairan mulai dari Rp450 ribu sampai dengan Rp1,8 juta. Tujuan PIP adalah untuk mendorong pemerataan akses pendidikan yang berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat. Dana tersebut digunakan untuk berbagai kebutuhan pendidikan anak, seperti pembelian buku, seragam, alat tulis, dan biaya sekolah lainnya. Penyaluran PIP dilakukan melalui rekening Simpanan Pelajar (SimPel) milik masing-masing siswa penerima. Pencairan akan diberikan pada awal bulan Juni kepada PIP dan pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan siswa yang berkebutuhan khusus seperti yatim piatu, korban bencana alam dan lain sebagainya.

Ilustrasi BOS atau Bantuan Operasional Sekolah

Photo :
  • Viva.Jabar
Kejati Banten dan BPJS Pulihkan Piutang BPJS Ketenagakerjaan Rp34,1 Miliar

2) Bansos PBI (Penerima Bantuan Iuran). JKN Pemerintah juga memberikan Bansos berupa dana kesehatan kepada PBI Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dikutip dari BPJS Kesehatan, besaran dana sebesar Rp42 ribu per orang per bulan. Berbeda dalam bansos lain yang cair dalam bentuk uang dan beras, PBI JKN dalam bentuk iuran yang langsung diberikan ke Rumah sakit atau pusat layanan kesehatan.

3) Program Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). BPNT adalah bantuan yang diberikan secara tunai berupa uang sebesar Rp200 ribu per bulannya. BPNT yang menggunakan jasa pos masih terus disalurkan hingga saat ini untuk triwulan kedua periode April-Juni dengan nominal Rp600 ribu.

Halaman Selanjutnya
img_title