Nyeri Sendi Lutut Bukan Hanya Asam Urat, Hati-hati Gejala Osteoarthritis

Penjelasan osteoarthritis
Sumber :
  • Sherly / viva

Banten VIVA - Nyeri dibagian sendi, terutama lutut kerap kali dikira asam urat. Namun, harus diwaspadai beberapa gejala yang nyatanya nyeri sendi itu bukan berarti asam urat, melainkan osteoarthritis.

Bertemu Simpatisan di Kabupaten Tangerang, Airin Rachmi Pamerkan Senam Airin Cagub Banten

Osteoarthritis adalah peradangan kronis di sendi yang mengakibatkan kerusakan pada tulang rawan. Di mana, kerap kali menyerang area tangan, pinggul, tulang punggung, terutama lutut.

"Kadang orang-orang ini suka salah mengira kalau ada nyeri sendi, dibilangnya asam urat, padahal bukan itu, bisa saja gejala osteoarthritis," kata Konsultan Orthopedi Siloam Hospitals,  Dr. dr. John C.P. Butarbutar, SpOT, (K) di Kabupaten Tangerang, Rabu, 19 Juni 2024.

Hari Kedua Masa Kampanye, Cawabup Tangerang Ajak Emak-Emak Tidak Termakan Janji

Lanjut dia, ada beberapa gejala yang membedakan antara asam urat dan osteoarthritis, seperti jangka waktu dan serangan sakit pada sendi.

"Jadi, kalau asam urat itu bentuk serangannya bukan karena aktivitas, serangan nyerinya itu hanya bertahan beberapa waktu saja. Beda sama osteoarthritis, kalau sakit sendinya itu karena aktivitas, sistemnya makin banyak gerak makin sakit, semakin kita diem ya tidak sakit. Dan sakitnya itu mengalami peningkatan setiap tahunnya kalau tidak ditangani," ujarnya.

Cabut Bambu, Ini Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang di Pilkada 2024

Untuk penanganannya, rata-rata pasien akan melakukan operasi penggantian sendi lutut yang rusak. Biasanya, proses pengobatan nyeri sendi melalui operasi Total Knee Replacement atau TKR. Namun, saat ini para pasien nyeri sendi lutut, bisa melakukan pengobatan dengan tindakan medis Unicompartmental Knee Arthroplasty atau disingkat UKA.

UKA adalah prosedur bedah minimal invasif yang menggantikan hanya bagian yang rusak dari sendi lutut, baik di sisi medial (bagian dalam) maupun lateral (bagian luar).

Halaman Selanjutnya
img_title