Intuisi Rasa Perbaikan Gizi, Jangan Kenalkan Anak Soal Gula dan Garam Sedari Kecil

Menteri Kesehatan periode 2014-2019, Nila F. Moeloek
Sumber :
  • Sherly / viva

Banten VIVA - Perbaikan gizi bagi para anak di Indonesia saat ini tengah menjadi fokus pemerintah untuk menciptakan generasi emas.

Laskar Prabowo 08 DKI Jakarta Bagikan Paket Pangan Gizi Seimbang

Adanya hal itu, Indonesian Gastronomy Community (IGC) menyelenggarakan talkshow bertema “Intuisi Rasa”.

Talkshow tersebut dihadiri oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia (2014 - 2019), yakni Nila F. Moeloek, Ketua Umum IGC Ria Musiawan, dan Direktur Keanekaragaman Konsumsi Pangan yang mewakili Badan Pangan Nasional (Bapanas), Rina Syawal.

Ini 8 Cara Mencegah Stunting pada Anak Sejak di Dalam Kandungan, Salah Satunya Rutin Beraktivitas

Ketua Umum IGC, Ria Musiawan mengatakan, Rina mengatakan, IGC mengangkat Hari Gizi Nasional dalam kegiatan awal tahun IGC sesuai dengan salah satu misi IGC dalam  keberpihakan terhadap masyarakat.  

"Contoh peranan IGC dalam meningkatkan gizi adalah turut pada upaya pencegahan stunting yang telah dimulai sejak tahun 2022 melalui deklarasi penting nya nutrisi dan hidrasi dari makanan tradisional guna eradikasi stunting," katanya, Minggu, 28 Januari 2024.

Angka Stunting di Kota Serang Masih Tinggi, Lantas Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

IGC telah melakukan advokasi dan edukasi pangan lokal untuk mencegah stunting di beberapa kota antara lain di beberapa wilayah Jakarta, Serang, Kapuas dan Pulang Pisau yang semoga turut berkontribusi dalam penurunan angka stunting di Indonesia.

"Potensi pangan Indonesia sangat banyak, baik dari buah, sayur, dan protein. Lalu, dengan makanan lokal, masyarakat setempat pun memanfaatkan makanan asal daerah tersebut. Misal jagung di NTT atau Sagu di Papua," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title