Bandara Soetta Tingkatkan Kewaspadaan Monkeypox dengan Fasilitas dan Protokol Terbaru

Area pemeriksaan KKP Antisipasi Monkeypox
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Adanya peningkatan kasus monkeypox di berbagai negara, kewaspadaan terhadap penyebaran penyakit ini telah ditingkatkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Peleburan Angkasa Pura I dan II, InJourney Usung Konsep Green Airport

Di mana, pengelola bandar udara berkomitmen untuk meminimalisasi risiko penyebaran virus ini melalui penumpang internasional. Seperti dengan langkah-langkah pencegahan yang telah diperkuat dan difokuskan pada deteksi dini, penanganan yang tepat, dan penyediaan fasilitas yang memadai.

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Holik Muardi mengatakan, langkah kunci yang dilakukan ketika ditemukan suspect monkeypox di area kedatangan internasional adalah pemisahan penumpang yang terindikasi memiliki gejala dari penumpang lainnya.

Hari Pelanggan Nasional, Maskapai Citilink Tebar Diskon dan Tiket Pesawat Gratis

"Penumpang yang diduga terinfeksi monkeypox akan langsung diarahkan ke ruang isolasi sementara yang telah disiapkan khusus di bandara," katanya, Minggu, 1 September 2024.

Di ruang isolasi tersebut, penumpang akan menjalani pemeriksaan medis lanjutan oleh tim kesehatan yang selalu siaga 24 jam.

Kebakaran di Terminal 3, Ini Penjelasan Bandara Soetta

Jika penumpang tersebut terkonfirmasi memiliki gejala yang sesuai dengan monkeypox, ia akan segera dirujuk ke fasilitas kesehatan rujukan yang telah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sesuai dengan protokol yang berlaku.

"Kami bersama instansi terkait juga membuat posko monkeypox untuk meningkatkan kesiagaan dan memberikan dukungan langsung dalam pencegahan dan penanganan kasus," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title