Kuota Penerimaan Siswa Baru Minim, Pemkot Tangerang Bakal Tambah Kapasitas SMPN

Pelajar tangerang
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Ketersediaan kuota dalam proses penerimaan siswa baru dari jenjang Sekolah Dasar (SD) ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Tangerang nyata masih menjadi hambatan.

Serangan Server PDN, Layanan Paspor di Imigrasi Tangerang Tidak Bisa Cetak Dokumen

Penjabat (Pj) Walikota Tangerang, Nurdin menyebutkan, kapasitas atau kuota yang bisa ditampung jenjang SMP di Kota Tangerang hanya 33 persen dari keseluruhan lulusan di wilayanya.

Untuk tahun 2024 ini, terdata ada sekitar 31.500 lulusan SD yang akan meneruskan ke SMP, dengan tantangan daya tampung sekolah SMP Negeri atau SMPN.

Liburan Sekolah, Mal di Tangerang Hadirkan Mini Zoo Hingga Sirkus Bersama Pororo

Dimana, SMP Negeri di Kota Tangerang hanya menampung 10.800 siswa saja. Selebihnya, akan masuk ke sekolah swasta.

"Kita lihat datanya, ternyata kuota atau kapasitas tampungnya masih kecil. Jadi solusinya yang sudah didiskusikan dengan anggota DPRD, dari 30 ribuan lulusan SD se Kota Tangerang, SMP negeri itu baru bisa menampung 10.800an, jadi hanya 33 persen. Kami sedang siapkan penambahan kapasitas sekolah melalui dua strategi," katanya, Senin, 10 Juni 2024.

Ratusan Jamaah Haji Kloter Pertama Tiba di Tanah Air

Pertama, akan ada penambahan ruang kelas bagi sekolah-sekolah SMP yang punya lahan dan memungkinkan untuk menambah kelas. Kedua, lokasi yang selama ini jauh dari sekolah ada, akan disiapkan sekolah SMP baru.

"Sebab ini bagian dari solusi untuk menampung jumlah siswa yang mencapai puluhan ribu tersebut," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title