Pemkab Tangerang Dorong Penguatan Produk Lokal Sebagai Tulang Punggung Ekonomi Daerah

Kegiatan UMKM di Tangerang
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Pemerintah Kabupaten Tangerang, mendorong penguatan pada produk lokal usaha mikro di setiap kecamatan wilayah Tangerang.

Kasus Pencurian Handphone di Tangerang Berakhir Restorative Justice

Dimana, penguatan itu berupa bantuan yang diberikan pemerintah untuk mempermudah usaha masyarakat yang nantinya, dapat mendorong perkembangan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tangerang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid mengatakan, usaha mikro memainkan peran vital dalam perekonomian sebagai tulang punggung ekonomi. Yang mana, mampu menyerap tenaga kerja, menciptakan lapangan pekerjaan, dan menghasilkan produk-produk lokal yang khas dan berkualitas.

Ketua Pemuda Pancasila Lolos Verifikasi Administrasi Jalur Independen Pilkada 2024 di Tangerang

"Pemerintah Kabupaten Tangerang sangat mendukung setiap upaya dan inisiasi kegiatan pengembangan dan pertumbuhan sektor Usaha Mikro di Kabupaten Tangerang, baik dari sisi kebijakan dan regulasi, penguatan sumberdaya, permodalan dan pemasaran. Karena berperan sebagai tulang punggung perekonomian. Oleh karena itu, penguatan dan pemberdayaan usaha mikro harus menjadi fokus utama," katanya, Jumat, 31 Mei 2024.

Berdasarkan Inpres 2/2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam rangka menyukseskan Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Maka, Pemerintah Daerah termasuk BUMD, dan juga BUMN diwajibkan untuk mengalokasikan belanja barang dan jasa untuk UMKM dan Koperasi.

Nyeri Sendi Lutut Bukan Hanya Asam Urat, Hati-hati Gejala Osteoarthritis

"Hal ini juga jadi tantangan sekaligus peluang bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah untuk meningkatkan kompetensi dalam mengakses potensi pasar dari Pemerintah Daerah," ujarnya.

Ia berharap, pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang untuk memanfaatkan peluang besar ini dengan mendaftarkan perusahaannya ke dalam e-katalog lokal yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Tangerang.

Halaman Selanjutnya
img_title