Buka PIN Polio, 438.523 Anak di Kabupaten Tangerang Terima Vaksin nOPV2

Pemberian vaksin polio
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Pemerintah Kabupaten Tangerang membuka Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang digelar serentak di 29 Kecamatan wilayah setempat. Sebanyak 438.523 anak mendapatkan vaksin novel Oral Polio Vaccine type 2 (nOPV2) dengan jumlah alokasi vaksin adalah 1.096.400 dosis.

Kejari Tangerang Keluarkan SP3 Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Tanah RSUD Tigaraksa

Pejabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony mengatakan, PIN Polio merupakan pencanangan pusat yang penting diterima oleh anak sebagai pencegahan penularan polio.

"Polio ini karena virus, itu penyakit berbahaya. Dan saya imbau, orang tua segera melakukan vaksinasi polio pada anak dengan usia maksimal 8 tahun kurang satu hari. Sasaran kita se-Kabupaten Tangerang 400 ribu lebih," katanya usai membuka PIN Polio di Desa Cikande, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Selasa, 23 Juli 2024.

Pilkada Tangerang, 23 Ruangan Berstandar Kepresidenan Disiapkan RSUP Dr Sitanala

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Muchlis mengatakan, pemberian vaksin polio dengan jenis vaksin nOPV2, tidak berpengaruh dengan pemberian vaksin yang sebelumnya.

"Kalau anak sudah vaksin, terus ikut PIN Polio ini, tidak masalah, karena memang aman, dan pemberiannya pun oral atau tetes. Dan ini sistemnya seperti booster, dengan jarak sekitar dua minggu," ujarnya.

Jadi Pasien Pertama Cek Kesehatan Pilkada Kabupaten Tangerang, Intan : Tidur Cukup dan Puasa

Lanjut dia, dampak atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dari vaksinasi polio sangat minim. Hal ini karena proses pemberian vaksin melalui sistem tetes.

"Kalau untuk KIPI sebenarnya minim sekali, karena bukan disuntik tapi tetes. Namun tetap, kita punya tim KIPI, alurnya itu kalau anak terkena dampak, orang tua jangan panik, bisa bawa ke lokasi pemberian vaksin atau puskesmas," ungkapnya.