Dua Kapal Tanker Baru PIS Disebut Bukti Kesanggupan Indonesia Bersaing Secara Global

Kapal jenis VLGC
Sumber :
  • istimewa

Banten VIVA - Indonesia kedatangan dua kapal tanker raksasa berjenis Very Large Gas Carrier (VLGC) milik PT Pertamina International Shipping (PIS). Hal ini pun disambut baik oleh para pelaku industri.

Beli BBM Jenis Pertalite Wajib Terdaftar di MyPertamina

Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Akbar Djohan mengatakan, dengan dua kapal jenis VLGC tersebut membuktikan perusahaan shipping nasional sanggup berkompetisi di kancah internasional.

Hal ini karena, sebagai negara kepulauan terbesar, pelaku industri maritim nasional, kapasitas armada seperti PIS sangat dibutuhkan.

Uji Coba Makan Siang Gratis di Cilegon, Dibantu Sejumlah Industri

Sehingga, keberadaan kapal tanker raksasa baru PIS, dapat mendorong pertumbuhan industri khususnya pengangkutan gas yang saat ini sangat diminati pasar.

"Hal ini menjadi kebanggaan bahwa Pertamina International Shipping memperkuat armada barunya dengan kapal VLGC. Sejatinya hal ini memang kami harapkan bahwa BUMN dapat hadir dan mempunyai kapasitas berkompetisi secara global, tidak hanya sebagai penonton," katanya, Rabu, 29 Mei 2024.

Harga BBM Pertamina Resmi Naik Awal Agustus 2024, Berikut Besarannya

Belum lama, PIS baru membeli dua kapal tanker gas terbesar di dunia yang kemudian dinamakan Pertamina Gas Caspia dan Pertamina Gas Dahlia.

Penambahan ini tak lepas dari upaya PIS dalam mengoptimalkan pengangkutan LPG dan petrokimia berupa propylene maupun amonia di rute perdagangan internasional. Dimana, penguatan armada PIS ini terbilang wajar mengingat kondisi kebutuhan energi transisi dari fossil fuel seperti gas semakin tinggi.

Halaman Selanjutnya
img_title