Surya Paloh Diisukan Terlibat Kasus Korupsi Kementan Senilai Rp100 Miliar, Begini Penjelasannya

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh
Sumber :
  • Instagram @suryapaloh.id

Banten.viva.co.id – Beredar sebuah kabar yang menyebutkan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh terciduk kasus korupsi di Kementrian Pertanian (Kementan) senilai Rp100 miliar. Hal itu diunggah oleh akun Youtube dengan nama pengguna “Kabar News”.

Visi Misi Airin Rachmi Diany Sebagai Cagub Banten 2024

Akun tersebut mengunggah video dengan klaim bahwa 100 Milyar ludes, Surya Paloh terciduk korupsi di Kementan dengan narasi : “GEGER SORE INI || 100 MILYAR LUD£S, SURYA PALOH T£RCYDUK K0RUP$I DI KEMENTAN”.

Dikutip dari turnbackhoax, keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. 

Sanjung SBY Agar Dapat Restu AHY, Dimyati Natakusumah : Separuh Jiwaku, Separuh Nafasku Itu Demokrat

Di mana video tersebut hanya membahas kasus korupsi yang dilakukan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang merupakan salah satu kader partai Nasdem. Ternyata narator hanya membacakan narasi dari salah satu berita yang berjudul “Diseret Syahrul Yasin Limpo dalam Kasus Korupsi di Kementan, Partai NasDem Beri Tanggapan Menohok!”.

Tangkap layar kanal Kabar Berita

Photo :
  • Balikkan Hoax
Dimyati Ngarep Berpasangan dengan Arief Wismansyah di Pilgub Banten, Ogah dengan Iti Octavia?

Video berdurasi 8 menit tersebut sama sekali tidak membahas penangkapan Surya Paloh atas dugaan korupsi yang dilakukannya. Setelah dilakukan penelusuran, tidak ada bukti valid terkait klaim tersebut. 

Sementara tidak ada bukti aliran dana korupsi yang masuk ke rekening partai. Uang hasil korupsi digunakan SYL untuk kepentingan pribadi seperti membayar cicilan kartu kredit dan pembelian mobil Alphard.

Halaman Selanjutnya
img_title