Mau Jadi Dokter? Cek Ini Rincian Biaya Kuliah Kedokteran di 6 Kampus Terbaik di Indonesia

Ilustrasi dokter saat melakukan operasi.
Sumber :
  • Pixabay

Banten.viva.co.id – Bila orang tua berminat menyekolahkan anaknya di fakultas kedokteran, sudah selayaknya persiapan dana kuliah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Cari tahu berapa biaya kuliah kedokteran saat ini di sejumlah universitas ternama di Indonesia, baik universitas negeri maupun swasta. Setelah itu, hitung mundur waktu yang tersedia untuk mengumpulkan biaya kuliah, lalu buatlah perencanaan keuangan untuk langkah-langkah yang lebih detail.

Pelajar Harus Tau, Ini 9 Jurusan Kuliah dengan Prospek Pekerjaan Bagus

Sejak 2013, hampir semua universitas negeri di Indonesia mengadopsi sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Sistem ini menggabungkan uang gedung, SPP, uang almamater, uang praktikum, dan penunjang lainnya yang kemudian dibagi rata ke dalam delapan semester. UKT sendiri dibagi ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan kebijakan universitas. UKT setiap mahasiswa ditentukan berdasarkan total penghasilan orang tuanya.

Bukan hanya biaya kuliah kedokteran yang mahal, biaya pengobatan medis pun tiap tahun selalu mengalami kenaikan. Karena itu, Anda perlu melakukan antisipasi terhadap risiko kerugian finansial yang bisa terjadi akibat musibah sakit dengan asuransi dari PFI Mega Life sebagai pilihan utama untuk asuransi kesehatan di Indonesia.

Tips Pemenuhan Gizi Seimbang

Profesi dokter masih populer di kalangan masyarakat. Dokter merupakan salah satu profesi yang dianggap mulia sekaligus menawarkan imbalan finansial yang mencukupi. Tak heran bila program studi kedokteran di berbagai universitas di Indonesia tak pernah kekurangan mahasiswa; meskipun biaya kuliah kedokteran paling mahal dibandingkan program studi lain, termasuk biaya kuliah kedokteran gigi dan biaya kuliah kedokteran hewan.

Berikut gambaran biaya kuliah kedokteran UI, biaya kuliah kedokteran UGM, biaya kuliah kedokteran Unpad, biaya kuliah kedokteran Unair, dan biaya kuliah kedokteran di sejumlah universitas swasta lainnya yang ada di Indonesia.

Stunting di Kabupaten Serang Tinggi, Bayer Gelar Program BISA

1. Biaya Kuliah Kedokteran di UI

Dikutip dari situs jupricom, mekanisme biaya pendidikan di UI berdasarkan tarif UKT Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) dan Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P). BOP-B adalah pengajuan tarif UKT yang disesuaikan dengan kemampuan penanggung biaya. Sementara, BOP-P adalah pengajuan tarif UKT yang besarannya ditentukan oleh penanggung biaya, berdasarkan keinginan berpartisipasi dalam membantu pendidikan sarjana di UI.

Pilihan BOP Pendidikan Dokter mengikuti rumpun saintek. Uang BOP dibayarkan setiap semester dan berlaku untuk S-1 Jurusan Pendidikan Dokter Reguler. Berikut biaya kuliah kedokteran UI.

BOP-B Rumpun Saintek : 

• Kelas 1: Rp0–Rp500.000

• Kelas 2: Rp500.000–Rp1.000.000

• Kelas 3: Rp1.000.000–Rp2.000.000

Halaman Selanjutnya
img_title