Tips Pemenuhan Gizi Seimbang

Makanan sehat gizi seimbang
Sumber :
  • Pixabay via Viva.co.id

Banten.Viva.co.id - Pemenuhan gizi seimbang bagi masyarakat sangat bermanfaat, selain mencegah stunting bagi ibu-ibu hamil dan anak-anak, juga mampu meningkatkan produktifitas individu dalam bekerja maupun aktifitas harian.

Menjaga Imunitas Anak di Tengah Cuaca Ekstrem: 5 Cara Efektif

Produktivitas ini dapat diwujudkan dengan cara memenuhi gizi seimbang dalam pola makan sehari-hari yang mengandung keragaman zat gizi. Karenanya, PT Kalbe Farma mendorong dan mengajak masyarakat mengkonsumsi makanan gizi seimbang yang mudah didapatkan disekitar.

"Gizi seimbang ini merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, sengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktifitas fisik, perilaku hidup bersih dan mempertahankan berat badan normal," ujar dr. Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi, AIFO-K, Medical General Manager PT Kalbe Farma Tbk dalam Instagram live @ptkalbefarmatbk, ditulis Jumat, 22 Desember 2023.

Intuisi Rasa Perbaikan Gizi, Jangan Kenalkan Anak Soal Gula dan Garam Sedari Kecil

Dahulu masyarakat akrab dengan slogan 4 Sehat 5 Sempurna. Kekinian, pemerintah menyesuaikan pola hidup masyarakat. Kini, diganti diganti dengan slogan gizi seimbang dan konsumsi gizi seimbang, telah diatur berdasarkan dari Permenkes nomor 41 tahun 2014.

Dokter Dedyanto mengatakan, gizi seimbang ini penting dipenuhi untuk mencegah gangguan kesehatan, baik itu kekurangan gizi ataupun kelebihan gizi. Kekurangan gizi dapat menimbulkan penyakit yang dikenal dengan defisiensi zat gizi, misalnya anemia karena kekurangan zat besi atau asam folat dan defisiensi kalsium yang meningkatkan risiko osteoporosis.

Ini 8 Cara Mencegah Stunting pada Anak Sejak di Dalam Kandungan, Salah Satunya Rutin Beraktivitas

Sebaliknya, kelebihan zat gizi menjadi masalah faktor-faktor penyakit yang dikenal dengan penyakit tidak menular, seperti diabetes, hipertensi, kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah.

Halaman Selanjutnya
img_title