Lulusan Poltekpel Banten Diminta Tingkatkan Kemampuan Siapkan Persaingan Internasional

Wisuda lulusan politeknik pelayaran Banten
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Persiangan Sumber Daya Manusia (SDM) di berbagai bidang semakin ketat, terutama pada bidang transportasi laut. Untuk itu lulusan Politeknik Pelayaran Banten (Poltekpel Banten) diminta terus meningkatkan kemampuannya, sehingga dapat bersaing dengan pelaut-pelaut di kancah internasional.

Antrean Berburu Makanan Khas Jepang di Mal Membludak, Pengelola Lakukan Penutupan Sementara

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI), Tubagus Haerul Jaman mengatakan, bahwa transportasi laut tidak hanya menjadi tulang punggung perekonomian global, tetapi sektor yang memegang peranan vital dalam konektivitas dan perdagangan antarnegara, dan persaingan global menuntut kualitas SDM yang tinggi.

"Karena itu Poltekpel Banten sebagai Perguruan Tinggi Vokasi sebagai salah satu sarana pembangunan kualitas SDM Transportasi di Tanah air, dituntut berbenah dan berkembang agar performa dan kualitasnya menjadi baik sehingga dapat menghasilkan luluasan yang dapat terserap di dunia perkerjaan, tidaknya hanya di dalam negeri namun juga di luar megeri," katanya saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) di Lapangan Seven Ocean Kampus Poltekpel Banten, Kabupaten Tangerang, Rabu, 17 Juli 2024.

571 Perwira Transportasi Laut Dilantik

Dalam Upacara Pelantikan Perwira Transportasi Laut Program Diploma III Pembentukan, Diklat Pelaut III Pembentukan Dan Diklat Pelaut IV Pembentukan Serta Pelepasan (Bon Voyage) Perwira Siswa Diklat Pelaut IV Dan V Peningkatan iniz Ia juga menerangkan, hal yang tidak kalah penting, yakni adanya peran aktif seluruh perguruan tinggi dan lembaga diklat di lingkungan BPSDM Perhubungan, termasuk Poltekpel Banten.

"Peran lembaga pendidikan juga untuk harus berperan dalam upaya untuk mendukung penyiapan SDM, yang siap dalam mengadopsi teknologi baru di dunia maritim yang ramah lingkungan," ujarnya.

Kejari Tangerang Keluarkan SP3 Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Tanah RSUD Tigaraksa

Sementara, Direktur Poltekpel Banten, Capt. Semuel Palembangan mengatakan, sebagai bentuk pengembangan potensi peserta didik yang akan melaksanakan praktek laut dan juga sebagai komitmen Poltekpel Banten terhadap serapan lulusan.

"Hal yang menarik dalam rangkaian pelantikan dan pelepasan kali ini yaitu Peluncuran Kapal Inovasi Poltekpel Banten yang merupakan hasil dari tim penelitian dosen Poltekpel Banten sebagai wujud partisipasi Poltekpel Banten dalam mendukungtujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) No. 7 tentang Energi Bersih dan Terjangkau serta sebagai pemenuhan Tridharma Perguruan Tinggi dibidang penelitian," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title