Eka Hospital Gunakan Teknologi Robotik Dalam Operasi Penggantian Lutut

dr. Ricky E.P Hutapea, Dokter Ortopedi di Eka Hospital
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Perkembangan teknologi saat ini terus merambah ke berbagai sektor, tidak hanya bidang industri, namun teknologi juga digunakan di bidang kesehatan.

Berikan Perlindungan Pada Masyarakat, Manulife Indonesia Kini Hadir di Cilegon

Bahkan seiring berkembangnya zaman, teknologi digunakan bukan hanya untuk mendeteksi suatu penyakit, namun kini digunakan untuk membantu proses operasi.

Salah satunya, rumah sakit swasta di wilayah Tangerang, yakni Eka Hospital. Dimana, rumah sakit ini menggunakan robotik dalam proses operasi penggantian lutut.

Ramai Soal Anak Harus Jalani Cuci Darah, Ini Tips Untuk Jaga Ginjal Si Kecil

Teknologi robotik medis ini adalah robot Velys. Yang mana, generasi baru dengan rancangan khusus untuk mendukung dokter bedah ortopedi dalam prosedur penggantian sendi lutut dengan akurasi tinggi.

Kehadiran teknologi robotik bertujuan mengganti dan memperbaiki sendi lutut yang sudah rusak dengan menghilangkan bagian tulang dan tulang rawan yang rusak, serta mengganti sendi lutut dengan implan baru.

Pemerintah Terapkan Sistem Door to Door, Pastikan Anak di Tangerang Terima Vaksin Polio

Menurut Chairman Gatam Institute Eka Hospital Group, Dr. dr. Luthfi Gatam, Sp.OT(K) Spine, FICS, Ph.D, mengatakan, kehadiran teknologi baru ini dapat merevolusi cara dokter bedah melakukan prosedur penggantian lutut secara lebih modern, cepat dan memberikan hasil yang lebih presisi, efisien, dan meminimalkan risiko bagi pasien.

"Dengan teknik robotik ini, kami para dokter mendapatkan panduan secara lebih jelas, termasuk perhitungan anatomi untuk mengetahui titik tulang atau sendi yang harus diangkat dan pada sudut mana sendi lutut buatan harus ditempatkan. Selain itu bagi Gatam Institute sendiri, teknologi ini semakin melengkapi jajaran alat canggih yang sudah ada sebelumnya," katanya, Rabu, 17 Juli 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title