Andra Soni-Dimyati Borong Partai di Pilgub Banten 2024, Indikasi Kotak Kosong Mencuat

Kotak Suara Komisi Pemilihan Umum
Sumber :
  • Istimewa

Banten VIVA - Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, Andra Soni-Dimyati Natakusumah menunjukkan indikasi memborong partai untuk maju dalam Pilgub Banten 2024.

Maju di Pilgub Banten 2024, Ade Sumardi Tetap Dilantik Jadi Anggota DPRD Banten

Hal ini dari terbentuknya Koalisi Banten Maju (KBM) pada awal Juli 2024. Yang mana pada koalisi tersebut, terdapat 7 partai yakni Partai Gerindra, Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Terbentuknya KMB ini pun, dinilai sejumlah pengamat sebagai upaya borong partai. Pengamat politik dari Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Karyono Wibowo menganggap, hal ini bertujuan menjegal figur atau kandidat lainnya untuk tampil dalam Pilgub Banten.

Pelantikan Anggota DPRD Banten Periode 2024-2029

"Saya melihat ini sebagai usaha penjegalan terhadap figure lainnya untuk maju dalam Pilgub Banten. Dengan adanya upaya penjegalan itu, sama saja membuat demokrasi di Banten tidak sehat," katanya, Selasa, 16 Juli 2024.

Salah satu alasan yang menguatkan dirinya menilai bahwa ini adalah upaya penjegalan, dengan adanya kekhawatiran terhadap popularitas dan elektabilitas kandidat lain yang lebih moncer. Belum lagi, indikasi adanya kotak kosong pada Pilgub Banten pun mencuat dengan kondisi "borong" partai.

Bacagub Banten 2024 Ini Tidak Dilantik Jadi Anggota DPRD Terpilih

"Secara regulasi kotak kosong tidak dilarang dalam pilkada. Namun, alangkah lebih baiknya kalau dalam pesta demokrasi di Banten menghindarkan kotak kosong supaya proses demokrasi lebih hidup lagi," ujarnya.

Diketahui, selain Partai Gerindra, saat ini PKS telah memberikan dukungannya pada pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, Andra Soni-Dimyati Natakusumah. Dukungan itu ditandai dengan penyerahan surat keputusan (SK) oleh Presiden PKS, Ahmad Syaikhu.

Halaman Selanjutnya
img_title