Pengiriman Benih Lobster Senilai Rp4,9 Miliar Menuju Vietnam Digagalkan Polisi

Polres Bandara Soetta menunjukkan barang bukti
Sumber :
  • Sherly / viva

Banten VIVA - Polres Bandara Soekarno-Hatta, berhasil menggagalkan proses pengiriman benih lobster yang dilakukan secara ilegal melalui Terminal Kargo, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Airlangga Hartarto Perintahkan Kader Golkar Menangkan Airin Rachmi Diany di Pilgub Banten 2024

Wakapolres Bandara Soetta, AKBP Ronald FC Sipayung mengatakan, penggagalan itu bermula saat penyidik mengetahui gerak-gerik mencurigakan dari dua orang pria yang kemudian berjalan menuju area kargo Bandara Soetta.

"Pada 19 Mei 2024, pukul 16.30 WIB, di pelataran parkir salah satu toko kawasan exit tol menuju Bandara Soetta, diterima penyidik satreskrim tentang upaya kirimkan benih lobster lewat kargo. Selanjutnya, kita lakukan penyelidikan dan menemukan adanya empat koper hitam dibawa dalam kendaraan roda empat oleh dua orang pria. Yang mana, dalam koper tersebut ditemukan benih lobster," katanya, Selasa, 21 Mei 2024.

Ratusan Jamaah Haji Kloter Pertama Tiba di Tanah Air

Selanjutnya kedua pria dan barang bukti diamankan ke Polres Bandara Soetta untuk penyelidikan lebih lanjut. Dan dari hasil pemeriksaan, sebanyak 99.250 ekor benih lobster hendak diselundupkan menuju Vietnam.

"Sebanyak 99.250 benih lobster diamankan, yang mana akan dikirimkan menuju Vietnam," ujarnya.

Intip Pameran Helikopter Terbesar di Asia Tenggara, Tarik Minat Pelajar ke Dunia Aviasi

Ribuan benih lobster tersebut merupakan titipan seseorang, kepada dua orang tersangka dengan inisial S (35) dan M (42) untuk segera dikirimkanĀ  menuju Vietnam dengan upah Rp21 juta.

"Dua tersangka punya tugas yang berbeda, untuk S bertugas membeli mengemas benih lobster dari daerah di Jawa Barat dan tersangka M (42) bertugas membawa dan mengemudikan kendaraan roda empat yang berisikan benih lobster. Mereka berdua diimingi upah Rp21 juta bila benih tiba di Vietnam," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title