Kepadatan Arus Balik Mudik di Jalur Darat, Menhub Minta Pemudik Pulang Besok Hari

Kepadatan Kendaraan di Pelabuhan Merak
Sumber :
  • Yandi/BantenViva

Banten VIVA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada para pemudik untuk pulang atau kembali ke daerah perkotaan pada minggu ini, tepatnya besok, Sabtu, 13 April 2024.

Ada 6,6 Juta Kendaraan Melintas Tol Trans Jawa Selama Arus Mudik dan Balik 2024

Hal ini karena, Kementerian Perhubungan memprediksi adanya peningkatan kepadatan yang bakal terjadi di jalur darat pada periode puncak arus balik mudik lebaran yang terjadi pada Minggu, 14 April 2024 dan Senin, 15 April 2024.

"Saya minta agar pemudik pulang besok, 13 April 2024, hal ini untuk mencegah terjadinya penumpukan atau kemacetan, terlebih di jalaur darat, karena kan kalau jalur udara, kereta atau pelabuhan itu sudah terskema, ada tiketnya, kalau darat kan tidak, ini yang harus kita antisipasi," katanya di Bandara Soetta, Jumat, 12 April 2024.

Catatan Mudik, Wisata Hingga Arus Balik Idul Fitri 2024

Hal ini juga sebagai langkah antisipasi pihak pemerintah pusat, terkait dengan metode Work Form Home atau WFH yang hingga saat ini masih dalam kajian.

"Ini juga sebagai solusi kami soal diterapkan atau tidaknya WFH, karena kan libur ini sudah panjang. Makanya, kita minta untuk pulang mudik hari ini," ujarnya.

Penduduk Pulau Jawa Bertambah Ratusan Ribu Jiwa Usai Arus Balik Dari Sumatera

Sementara itu, Menteri Budi juga menyebutkan adanya dua titik di jalur darat yang harus diwaspadai bila terjadi penumpukan volume kendaraan yakni, Kalikangkung sampai Salatiga, lalu di km 66 dimana dari Bandung masuk ke Jakarta.

"Kita juga koordinasi dengan kepolisian untuk titik kemacetan di jalur darat, bagaimana cara mengurainya nanti. Dan kami juga terus cari solusi soal WFH ini, karena sudah diajukan tapi tunggu keputusan presiden," ungkapnya.