Masuk Arus Balik Mudik Lebaran, 129 Ribu Penumpang Lintasi Bandara Soetta

Direktur Operasional dan Komersil Angkasa Pura Indonesia
Sumber :
  • Sherly / viva

VIVA - Memasuki arus balik mudik lebaran 2024, PT Angkasa Pura II mencatat, sebanyak 129 ribu penumpang akan meliintas di Bandara Seokarno-Hatta, Tangerang, Jumat, 12 April 2024.

Kepadatan Arus Balik Mudik di Jalur Darat, Menhub Minta Pemudik Pulang Besok Hari

Direktur Operasi dan Komersial Agus Haryadi mengatakan, hari ini terjadi peningkatan pada periode arus balik mudik lebaran, dibandingkan dengan H+1 lebaran atau kemarin, 11 April 2023.

"Hari ini kita sudah mulai memasuki masa arus balik, jadi tren penumpang sudah bergerak naik untuk penumpang yang melintas di Bandara Soetta. Data kemarin, realisasi penumpang kurang lebih 117 ribu dan rencana hari ini, ada 129 ribu," katanya di Posko Angkutan Lebaran, Terminal 1, Bandara Soetta.

4.275 Pemudik Tinggalkan Kota Tangerang Lewat Terminal Poris

Lanjut dia, pergerakan penumpang akan terus meningkat pada puncak arus balik nanti, pada Senin, 15 April 2024. Dimana berdasarkan data maskapai, akan ada 190 ribu penumpang melintas di Bandara Soetta.

"Rencana penumpang di arus balik kurang lebih 190 ribu. Angka ini menunjukkan angka yang lebih tinggi dari puncak arus mudik di H-4, dimana di tanggal tersebut jumlah penumpang realisasinya ada di angka 187 ribu. Artinya, kita posisi bersiap untuk sambut itu dan hari ini kita akan di cek untuk kesiapannya," ujarnya.

Jelang Lebaran, Relawan Laskar Prabowo Sebar Paket THR dan Multivitamin

Diprediksi, untuk total keseluruhan pergerakan penumpang di Bandara Soetta dalam arus balik mudik lebaran 2024 sebanyak 2,3 juta. Angka ini pun sudah melampaui pergerakan yang terjadi di tahun 2019.

"Untuk arus mudik itu total 1,3 juta dan baliknya kita prediksi sekitar 2,3 juta penumpang. Angka ini sudah menjadi titik balik dari tahun 2019. Melihat ini, kami pun menjamin kesiapan baik dari sisi fasilitas dan petugasnya," ungkapnya.