Sandiaga Uno Pediksi Pergerakan Wisatawan Nusantara Tembus 400 Juta di Libur Lebaran 2024

Menparekraf RI, Sandiaga Uno
Sumber :
  • Yandi Sofyan/banten.viva.co.id

Banten.viva.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memprediksi bakal ada 300-400 juta pergerakan wisawatan nusantara (wisnus) di momen libur lebaran 2024.

Masih Perjalanan Mudik, Puluhan ASN di Tangerang Ikut Program WFH

Menurutnya, kenaikan 50 persen pemudik di momen lebaran 2024 turut menjadi pemicu meningkatnya wisatawan nusantara yang akan pergi berlibur ke sejumlah objek wisata yang ada di seluruh Indonesia.

"Karena 196 juta pemudik yang sudah diprediksi, dan 80 persennya menyatakan niat berwisata. Berarti kalau ada 2x4 total pergerakan pemudik, maka kita memprediksi ada 300 juta sampai 400 juta pergerakan wisatawan nusantara," ucap Sandiaga Uno saat mengunjungi salah satu pondok pesantren di Serang, Banten pada Jumat 29 Maret 2024 malam.

Kepadatan Arus Balik Mudik di Jalur Darat, Menhub Minta Pemudik Pulang Besok Hari

Untuk itu, diakui Sandiaga, pihaknya sudah memberikan surat edara kepada seluruh kepala daerah di Indonesia untuk melakukan persiapan, termasuk melakukan mitigasi bencana terkait ancaman potensi cuaca ekstrem saat libur lebaran tiba.

"Nah destinasi ini harus disiapkan. Surat edaran sudah kami sampaikan sebagai monitoring kepada para kepala daerah untuk menyikapi dan memitigasi ancaman cuaca ekstrem," ungkapnya.

Masuk Arus Balik Mudik Lebaran, 129 Ribu Penumpang Lintasi Bandara Soetta

"Jangan sampai nanti kita tidak mensosialisasi dan mengedukasi masyarakat," imbuh Sandiaga.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat yang akan pergi berlibur untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan menuju tempat wisata.

Halaman Selanjutnya
img_title