Bareskrim Polri Tangkap Tersangka Perdagangan Orang di Tangerang, Banten, Begini Modusnya

Bareskrim Polri Tangkap Tersangka TPPO
Sumber :
  • Humas Polri

Banten.viva.co.id –Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri menangkap dua tersangka kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). 

Pemerintah Ingatkan ASDP Indonesia Ferry Layani Pemudik Dengan Baik

Kedua tersangka perdagangan orang itu ditangkap masing-masing di wilayah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat dan Ciledug, Tangerang, Banten.

Dua tersangka tersebut yakni Suarty B Riartika alias Tika dan Ani Puji Astutik alias Elisa. Keduanya ditangkap pada Kamis, 25 Januari 2024 lalu. 

Polda Banten Gelar Razia Kendaraan Serentak, Catat Tanggal Operasi Patuh Maung

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, penangkapan kedua tersangka berawal dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebanyak 10 orang diberangkatkan ke luar negeri pada bulan Desember 2022-Februari 2023 secara bertahap.

“Para terlapor melakukan perekrutan tersebut menjanjikan kepada para korban bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga (ART) di Erbil dengan gaji sebesar 300 dolar,” kata Trunoyudo dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis 1 Februari 2024. 

Lokasi Ini Diduga Tempat Penembakkan Pesawat Wings Air Yang Disisir Pasukan Gabungan TNI Polri

Setelah adanya persetujuan para korban tersebut dibuatkan paspor dan diberikan uang fee yang bervariasi dari Rp 3 juta-13 juta. 

Setelah selesai pembuatan paspor tersebut dan tanpa adanya medical check up, para korban dikirimkan ke luar negeri oleh tersangka Elis dengan negara tujuan Turki melalui Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Juanda Surabaya.

Halaman Selanjutnya
img_title