Benarkah Anies Baswedan Ditahan KPK Atas Kasus Korupsi Formula E Jakarta? Cek Faktanya

Anies Baswedan.
Sumber :
  • Instagram/ @aniesbaswedan

Banten.viva.co.id – Beredar sebuah video yang menarasikan bahwa Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies Baswedan ditahan KPK atas kasus korupsi Formula E.

Jemput Restu Megawati, Airin Kembalikan Formulir Pendaftaran Cagub Banten ke PDIP

Video Anies Baswedan ditangkap KPK tersebut diunggah oleh akun YouTube Pilihan Rakyat pada tanggal 30 Oktober 2023.

Di akun tersebut, terlihat Anies Baswedan dengan keterangan 'KPK Tahan Anies Baswedan – Firli Ungkap Permainan Dana Formula E, di Depan Awak Media'.

Dimyati Pede Dapat Rekomendasi DPP, Gembong: Harus Punya Elektabilitas, Popularitas dan Isi Tas

Sebelumnya diketahui bahwa penelusuran kasus dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bermula dari laporan Kelompok Forum Masyarakat untuk Keadilan (FMK) pada September 2021 lalu.

FMK melaporkan Anies Baswedan ke KPK karena mereka menilai penyelenggaraan balap mobil tersebut tidak masuk akal, sebab Pemprov DKI tetap membayarkan biaya komitmen (commitment fee) kepada penyelenggara di tengah situasi Pandemi Covid-19.

Gerakan Kader Gerindra Menyala, Dukungan untuk Andra Soni Jadi Cagub Banten Menguat

Diketahui juga bahwa KPK telah melakukan pemanggilan pemeriksaan kepada Anies Baswedan yang kala itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Pada September 2022, Anies Baswedan datang memenuhi panggilan KPK untuk dimintai keterangan terkait dugaan korupsi di penyelenggaraan Formula E Jakarta.

Halaman Selanjutnya
img_title