Pemain Naturalisasi Pertama Timnas Indonesia Pernah membela Persija Jakarta dan PSMS Medan

Persija Jakarta, Klub Tersukses di Indonesia
Sumber :
  • Persija via Viva.co.id

Banten.Viva.co.id - Pemain naturalisasi pertama Timnas Indonesia, Arnold Van Der Vin, ternyata pernah membela Persija Jakarta dan PSMS Medan. Pemain sepak bola berposisi sebagai kiper atau penjaga gawang itu, nyaris membela Timnas Indonesia di Asian Games 1954.

Jalan Panjang Timnas Indonesia untuk Sampai di Final Piala Dunia 2026

Banyak yang belum tahu kalau pemain naturalisasi pertama Timnas Indonesia bukanlah Cristian Gonzales pada tahun 2010. Program naturalisasi Timnas Indonesia di bawah pelatih Shin Tae-yong memang tengah menjadi perbincangan banyak orang karena mengundang pro dan kontra. Pihak yang pro merasa bahwa kehadiran pemain naturalisasi keturunan Belanda langsung memberikan prestasi bagi Timnas Indonesia.

Sebaliknya, pihak yang kontra merasa kalau kehadiran pemain naturalisasi Timnas Indonesia justru menghilangkan kesempatan penggawa lokal untuk bela Garuda.

Terungkap Alasan Thom Haye Menangis Usai Cetak Gol Debut Bagi Timnas Indonesia

Namun, tak bisa dipungkiri kalau kehadiran pemain naturalisasi ke dalam Timnas Indonesia cukup memberikan prestasi yang luar biasa. 

Ternyata, program naturalisasi Timnas Indonesia telah ada sejak tahun 1950-an ketika kiper asal Belanda Arnold Van Der Vin ikut membela skuad Garuda.

Merinding, Ini Janji Ragnar Oratmangoen untuk Masyarakat Indonesia

Pemain Naturalisasi Pertama Timnas Indonesia.

Photo :
  • TvOneNews.com

Arnold Van Der Vin merupakan penjaga gawang keturunan Belanda yang lahir di Semarang, Jawa Tengah ketika Indonesia masih bernama Hindia Belanda.

Halaman Selanjutnya
img_title