Mitos Pemandian Citaman Pandeglang Banten, Kolam Keramat di Kaki Gunung Pulosari

Mitos Pemandian Citaman Pandeglang Banten
Sumber :
  • Instagram

Banten.viva.co.id - Kolam pemandian Citaman berlokasi di Desa Sukasari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten. Objek wisata alam ini menjadi destinasi wisata populer di Kabupaten Pandeglang. 

Sejarah Lebak Berdiri, Kabupaten Berjuluk Jagat Kidul Banten

Pemandian kolam Citaman dialiri air langsung dari Gunung Pulosari itu tentu saja membuat pengunjung tidak akan terlalu tahan berlama-lama di air. 

Dasar kolam dipenuhi dengan batu-batu juga membuat kolam benar-benar alami. Batu-batu besar juga secara alami terdapat di dalam kolam. Jika disentuh, batu-batu itu juga akan terasa sangat dingin.

Prabowo Ziarah ke Sultan Banten hingga Bertemu Para Ulama

Wisata Pemandian Alam Citaman di Pulosari Pandeglang Banten merupakan salah satu situs purbakala yang berumur lebih dari 2.500 tahun. Kolam mata air ini sudah ada sejak zaman sebelum masehi. 

Dilansir dari BPCP Banten, Kementerian Kebudayaan, situs Citaman terletak sekitar 500 m arah barat daya dari Situs Batu Goong. Situs ini merupakan mata air dan kolam dengan berbagai ukuran dan bentuk. 

Mengenal Sejarah dan Arti Gawe Kita Baluwarti, Pataka Polda Banten

Keberadaan kolam-kolam tersebut diduga sebagai tempat awal mensucikan diri sebelum ritual keagamaan berlangsung di atas bukit tempat Batu Goong berada. 

Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukan beberapa artefak yang terbuat dari bahan batu misalnya batu bergores (batu asah), batu berlubang, batu pipisan, batu dakon, batu datar, baik di sekitar kolam, ataupun di dalam air. 

Halaman Selanjutnya
img_title