Banten dari Kerajaan Hingga Zaman Listrik Kekinian

Kesultanan Banten
Sumber :
  • GRID

Banten.Viva.co.id - Banten merupakan sebuah daerah yang memiliki sejarah panjang di Indonesia, bahkan mahsyur saat kerajaan dahulu. Terdapat lahan pertanian yang luas dan pelabuhan kelas dunia pada zamannya.

Serikat Pekerja PLN Tolak Kebijakan Power Wheeling

Situs kesultanan Banten masih bisa dilihat, termasuk Masjid Agung Banten, masyarakat yang hidup dari pertanian hingga Pelabuhan Karangantu, di Kecamatan Kasemen Kota Serang.

Menjelajah sejarah Kesultanan Banten menggunakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan dari pusat Kota Serang, jadi salah satu pilihan masyarakat saat ini. Selain irit, juga tidak bising.

Bahayakan Pengendara, Sejumlah Tiang Masih Berdiri di Tengah Pelebaran Jalan di Kota Serang

Banten sekarang lebih maju dan modern, dengan menggunakan peralatan listrik, salah satunya penggilingan padi yang beralih dari mesin diesel di pinggiran Kota Serang. Mempertahankan lahan pertanian yang sudah ada sejak zaman dahulu kala, padi tetap jadi salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia, sekaligus bisa menghidupi masyarakat.

"Sejak 2006 saya jadi petani, sekitar 2015 saya bikin penggilingan padi, tanahnya masih ngontrak. Sampai 2021, sampai sekarang saya beralih ke mesin penggiling gabah menggunakan tenaga listrik, lebih hemat, mudah. Karyawan juga enggak sibuk nyari solar, produksi enggak ada kendala," ujar Somali, pemilik tiga pabrik penggilingan padi, ditemui dilokasi, Kamis, 12 September 2024.

Dilantik Jadi Dewan Kota Serang, 6 Anggota PKS Siap Mengemban Amanat Rakyat

PLN dan Pengguna Kendaraan Listrik di Situs Kesultanan Banten

Photo :
  • Yandi/BantenViva

Disebuah penggilingan padi dipinggiran Kota Serang, dia bisa menghidupi puluhan karyawannya. Setiap hari, sekitar 15 ton gabah dia produksi menjadi beras. 

Halaman Selanjutnya
img_title