Wajib Pahami, Ini Perbedaan Skoliosis Postural dan Struktural

Konsultan Tulang Belakang dr. Phedy, Sp.OT (K) Spine
Sumber :
  • Sherly / viva

Banten VIVA - Skoliosis adalah salah satu kelainan pada kondisi tulang belakang yang mana, pada bagian tersebut tulang berbentuk lengkungan atau menyamping secara tidak normal.

18 Ribu Hewan di Tangerang Dinyatakan Bebas Penyakit dan Laik Dikurbankan

Penyakit ini perlu mendapatkan penanganan serius sesuai dengan ciri dan penyebab terjadinya skoliosis karena, bisa menghambat proses pertumbuhan.

Konsultan Tulang Belakang Eka Hospital BSD Tangerang, dr. Phedy, Sp.OT (K) Spine mengatakan, penyakit skoliosis yang harus dipahami masyarakat terdapat beberapa jenis, namun dua diantaranya yakni postural dan struktural.

Intip Perawatan Kecantikan Ala Gen Z Modal Rp100 Ribu di Cartenz Mall Gading Serpong

"Masyarakat harus paham ada skoliosis struktural dan postural. Ini pun ada perbedaan penanganan," katanya di Tangerang Selatan, Jumat, 17 Mei 2024.

Skoliosis struktural terjadi akibat adanya kelainan sejak lahir dengan kondisi tulang punggung yang melengkung atau menyamping seperti huruf S. Sementara, untuk skoliosis postural terjadi karena adanya cara duduk atau beraktifitas yang memicu tulang berbentuk S.

Maju Pilbup Pandeglang Ratu Anita Sangadiah Janji Bakal Prioritaskan 4 Hal Ini

Namun, pada dasarnya, untuk skoliosis postural, bukanlah kelainan yang berarti, karena sejak lahir tulang punggung memiliki postur tegak lurus, hanya saja terjadi perubahan karena suatu kebiasaan. Dalam penanganannya pun terdapat perbedaan, untuk skoliosis postural dilakukan dengan cara operasi.

Pasien yang memiliki skoliosis postural, ditangani dengan brace dan operasi. Penanganan brace adalah penggunaan korset pada pasien skoliosis khususnya dengan kasus struktural.

Halaman Selanjutnya
img_title