Fakta Ujungjaya Desa Terujung di Pulau Jawa, Jaraknya 114 KM ke Pusat Kota Pandeglang

Dermaga Pulau Peucang Kabupaten Pandeglang
Sumber :
  • Dok TNUK

Banten.viva.co.id - Kabupaten Pandeglang, salah satu Kabupaten/kota di Banten. Kabupaten Pandeglang berada dibagian Selatan Provinsi Banten. Kabupaten Pandeglang memiliki desa dengan jarak ratusan kilometer hingga berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Bawaslu Banten Buka Rekrutmen Panwascam untuk Pilkada 2024, Begini Caranya!

Kabupaten Pandeglang dipimpin Irna Narulita Tanto Warsono Arban. Kabupaten ini memiliki 35 Kecamatan, bahkan wilayahnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Kabupaten Pandeglang memiliki 13 kelurahan dan 326 desa. Kabupaten Pandeglang juga memiliki garis pantai terpanjang di Banten. Salah satunya Kecamatan Sumur. 

Rifqi Rafsanjani Terpilih Jadi Anggota DPRD Pandeglang di Usia 21 Tahun

Secara geografis Kecamatan Sumur memiliki luas wilayah 258.54 km² atau sebesar 9.41 persen dari luas wilayah Kabupaten Pandeglang.

Kecamatan Sumur berada di ujung barat daya Kabupaten Pandeglang ini mempunyai batas administrasi diantaranya, Utara Selat Sunda, Selatan Samudra Hindia, Barat Selat Sunda, Timur : Kecamatan Cimanggu. 

Soal Tanjakan Bangangah yang Viral, Begini Penjelasan DPUPR Banten

Dikutip dari Kecamatan Sumur Dalam Angka 2023 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Pandeglang, kecamatan Sumur ketinggian berkisar 8 - 20 mdpl, wilayah administrasi yang membawahi 7 desa ini ditetapkan sebagai kecamatan pesisir.

Kecamatan Sumur terdiri dari 7 desa, dengan luas 038 km². Desa terluas adalah Ujungjaya dengan area mencapai 008 km², atau 022 persen dari luas total Kecamatan Sumur, sementara wilayah dengan luas terkecil adalah Sumberjaya yang hanya memiliki daerah seluas 003 km² atau hanya 008 persen dari luas keseluruhan Kecamatan Sumur.

Halaman Selanjutnya
img_title