148 WNA Asal 5 Negara Dominasi Pelanggaran Keimigrasian di Tangerang

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Uray
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Sebanyak 148 Warga Negara Asing (WNA) yang didominasi dari 5 negara, yakni Republik Rakyat Cina (RRC), Nigeria, Srilangka, Vietnam dan Malaysia, terdata melakukan pelanggaran keimigrasian hingga Oktober 2024.

Hindari Pemeriksaan Petugas, WN Nigeria Nekat Sembunyi di Atas Balkon

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Uray Avian mengatakan, pihaknya melalui intelejen Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, sudah melakukan sebanyak 153 operasi mandiri, 3 operasi gabungan Tangerang raya, dan tiga operasi Jagratara.

"Dari hasil penindakan tersebut, sudah dilakukan Tindakan administrasi kepada 148 orang asing," katanya dalam Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kota Tangerang Selatan 2024, Rabu, 23 Oktober 2024.

Hendak Ditangkap Imigrasi Soetta, WNA Nigeria Nekat Lompat dari Apartemen

Dimana, pelanggaran keimigrasian yang dilakukan para WNA seperti, overstay atau melewati batas izin tinggal, tidak memiliki domumen keimigrasian, hingga mengganggu ketertiban di masyarakat.

Kemudian, sampai dengan saat ini, terdapat 8.388 orang asing yang beraktifitas di Tangerang Raya, ( Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan juga Kabupaten Tangerang).

Kemeriahan Hari Pengayoman ke 79 di Kanwil Kemenkumham Banten

"Dari data itu, 1.368 diantaranya orang asing pemegang visa kunjungan, 5.422 izin tinggal, dan 598 orang pemegang izin tetap," ujarnya.

Ditambahkan, Kadiv Keimigrasian Kanwil Banten, Dadan Gunawan mengatakan, fokus penanganan orang asing berdasarkan data base informasi. Karena operasi kali ini adalah Timpora, maka melibatkan semua stake holder yang berkaitan, bukan hanya Imigrasi, melainkan juga seperti kepolisian, Satpol PP, Dinas Ketenagakerjaan, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan sebagainya.

Halaman Selanjutnya
img_title