Terkait Qariah Disawer di Pandeglang, Banten MUI Jateng: Kalau Langkah Jauh Bisa Penistaan Agama

Qariah disawer
Sumber :
  • Viva

Banten – Video qariah yang disawer oleh dua orang di Pandeglang, Banten masih menjadi perhatian tokoh-tokoh ulama di Indonesia, video viral yang menghebohkan masyarakat ini terjadi di Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Banten saat mengisi acara Maulid Nabi Muhammad SAW.

Viral Pria Mengaku Nabi Janes, Berikut Ucapan Lengkapnya

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah turut menyayangkan video kejadian penyaweran seorang pelantun ayat suci Alquran yang viral di media sosial itu.

Ketua MUI Jateng Ahmad Daroji mengatakan bahwa aksi tersebut sangat tidak etis, bahkan menurutnya itu dapat diartikan sebagai penghinaan dan bisa dipidana.

Usai Viral, Pria di Tebingtinggi yang Ngaku Sebagai Nabi Janes Langsung Ditangkap Polisi

"Menurut saja itu tidak etis, mungkin bisa diartikan sebagai penghinaan juga. Kalau penghinaan bisa diteruskan pada pidana, kan pencemaran nama baik," kata Daroji, Jumat, 6 Januari 2023.

Daroji menyarankan agar orang yang melakukan penyaweran terhadap qariah yang sedang membacakan ayat suci Alquran itu meminta maaf kepada publik.

Pria Mengaku Nabi Janes Diperintahkan Membubarkan Agama Islam

"Kalau sudah minta maaf pengakuan kesalahan dan tidak diulang, itu jadi pelajaran. Kalau langkah jauh bisa penistaan agama itu," katanya.

Daroji juga meminta kepada masyarakat agar peristiwa yang tidak etis ini tidak lagi terjadi karena bisa merusak hubungan yang selama ini terjalin kondusif.

Halaman Selanjutnya
img_title