Ketua Pemuda Pancasila Lolos Verifikasi Administrasi Jalur Independen Pilkada 2024 di Tangerang

Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhammad Umar
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Pasangan bakal calon atau bacalon pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang dalam Pilkada 2024, jalur perorangan atau independen telah melalui proses verifikasi administrasi.

Peta Kerawanan Pilkada Serentak 2024 dari Polda Banten dan Pencegahannya

Pasangan bakal calon yakni Zulkarnain, Ketua Ormas Pemuda Pancasila (PP) dan Lerru Yustira telah menyerahkan perbaikan jumlah dukungan.

"Kemarin kita dari tanggal 8 sampai dengan tanggal 18 Juni 2024, telah melakukan verifikasi administrasi ke satu. Dan dari jumlah dukungan yang diserahkan setelah perbaikan sebanyak 233 ribu sekian, kemarin setelah kita lakukan verifikasi administrasi sebanyak 189 ribu dukungan memenuhi syarat melebihi batas minimal dukungan," kata Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Muhammad Umar, Kamis, 20 Juni 2024.

Pantarlih Pilkada 2024 Resmi Dilantik, Ketua KPU Banten Minta Petugas Bekerja Penuh Tanggung Jawab

Lanjut Umar, meski jumlah dukungan telah memenuhi syarat, pasangan bakal calon dalam Pilkada 2024 ini masih harus mengikuti proses verifikasi lainnya.

"Tidak hanya verifikasi administrasi saja, pasangan independen ini juga masih mengikuti tahapan verifikasi faktual," ujarnya.

Mantan Wakil Walikota Harap Tuah AHY di Pilkada Kota Serang 2024

Dimana, verifikasi faktual ini merupakan proses pencocokan data dukungan. Tahapannya, data dukungan pasangan independen akan dilakukan percetakan data di Sistem Informasi Pencalonan atau SILON.

"Dari data dukungan yang ada di SILON, dicetak dan diserahkan ke petugas PPK dan PPS, metode verifikasi faktual ini akan dilakukan seperti, sensus, dimana petugas bakal di konfirmasi data itu di masing-masing wilayah," ungkapnya.