Jelang Idul Adha Angka Deflasi Mendekati Nol, Pj Bupati Tangerang : Ini Potensi Inflasi

Aktivitas pedagang pasar di wilayah Tangerang
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony menyebutkan, bila angka deflasi di Kabupaten Tangerang mendekati angka 0 (nol) jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Kasus Pencurian Handphone di Tangerang Berakhir Restorative Justice

Dimana, pada beberapa bulan lalu di tahun 2024, angka deflasi atau kondisi penurunan harga di Kabupaten Tangerang sebesar -3,2 persen.

"Beberapa bulan lalu, deflasi kita berada di angka -3,2 persen, tetapi mendekati Idul Adha ini, deflasi sudah mendekati angka 0, tepatnya -0,57 persen. Ini menandakan potensi inflasi," katanya, Minggu, 16 Juni 2024.

Ketua Pemuda Pancasila Lolos Verifikasi Administrasi Jalur Independen Pilkada 2024 di Tangerang

Adanya hal ini, ia menekankan, tugas pemerintah daerah adalah memastikan harga-harga di pasar tidak naik tajam sehingga tidak memberatkan masyarakat dengan cara, memantau ketersediaan dan harga pangan dengan baik.

"Beras, misalnya, mengalami penurunan harga, namun beberapa komoditas lainnya justru naik. Gula pasir naik 8,6 persen, minyak goreng 8,3 persen, ayam broiler 9,3 persen, dan cabai merah 4,5 persen. Oleh karena itu, semua pihak terkait harus bekerja bersama untuk menjaga ketersediaan stok dan harga yang terjangkau,"

Nyeri Sendi Lutut Bukan Hanya Asam Urat, Hati-hati Gejala Osteoarthritis

"Dan ini (Idul Adha) adalah momen besar bagi umat Islam, sehingga ketersediaan dan keterjangkauan harga harus dijaga. Kami meminta semua pihak, termasuk aparat kepolisian dan camat, untuk bekerja sama dalam memastikan hal ini," ujarnya.

Sementara itu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kabupaten Tangerang, melakukan sejumlah program sebagai upaya menekan kenaikan harga, dan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Halaman Selanjutnya
img_title