18 Ribu Hewan di Tangerang Dinyatakan Bebas Penyakit dan Laik Dikurbankan

Pengecekan hewan kurban
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Sebanyak 18 ribu hewan baik itu sapi, kambing, domba dan kerbau, telah menjalani proses pemeriksaan kesehatan jelang Hari Raya Idul Adha.

Ketua Pemuda Pancasila Lolos Verifikasi Administrasi Jalur Independen Pilkada 2024 di Tangerang

Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony mengatakan, belasan ribu hewan tersebut telah dinyatakan bebas dari penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) dan LSD (Lumpy Skin Disease) dan dinyatakan laik untuk dikurbankan.

"Ada 18 ribu hewan sudah dicek kesehatannya dan itu hewan kurban yang tiba dari luar daerah. Hasilnya, semua sudah lolos pemeriksaan dan laik dikurbankan," katanya, Minggu, 16 Juni 2024.

Nyeri Sendi Lutut Bukan Hanya Asam Urat, Hati-hati Gejala Osteoarthritis

Lanjut dia, untuk vaksinasi pada hewan kurban pun juga telah dilakukan oleh petugas yang mana sebanyak 18 ribu dari yang sebelumnya 16 ribu hewan, telah tervaksinasi.

"Untuk vaksinasi juga sudah kita lakukan guna memastikan kesehatan hewan dan bisa konsumsi masyarakat," ujarnya.

Sekda Tangerang Lepas Ratusan Juru Sembelih Halal Hewan Kurban

Selain pemeriksaan dan vaksinasi, pemantauan juga dilakukan di titik-titik tempat penjualan hewan kurban. Dimana, ia meminta agar aparat kepolisian ikut membantu pengawasan agar tidak ada hewan kurban yang tidak memenuhi ketentuan di Tangerang, terutama di daerah pinggiran yang kerap kurang terpantau.

"Kepada para camat, saya harap koordinasikan dengan aparat terkait untuk memastikan ketersediaan dan kesehatan hewan kurban di daerah masing-masing," ungkapnya.