Gencar Kampanye Penggunaan Obat Long-Acting Bagi ODGJ, Mensos : Biar Mudah Terpantau

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini
Sumber :
  • Yandi Sofyan/bantenviva.co.id

Banten.viva.co.id – Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini mengaku tengah fokus menangani persoalan ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) melalui penggunaan obat-obatan yang mampu bertahan lama atau long-acting.

Dana Desa Banyuresmi Tahun 2024 Tembus Rp1,22 M, Terbesar se Kecamatan Jiput

Hal itu disampaikan Tri Rismaharini saat melakukan bakti sosial layanan pengobatan dan pengecekan ODGJ, kusta, layanan disabilitas, operasi katarak, Layanan Rumah Sejahtera Terpadu (RST), layanan air bersih, layanan alat bantu dengar, serta kewirausahaan di Kabupaten Pandeglang, Banten pada Jumat 14 Juni 2024.

Bukan tanpa alasan, diakui Tri Rismaharini, pengguna obat long-acting dinilai paling sesuai dengan kondisi sosial dan ekonomi mayoritas pasien ODGJ yang hidup di bawah garis kemiskinan sehingga tidak cocok diberikan obat-obatan jangka pendek.

Alumni Fakultas Hukum USU Stambuk 1998 gelar Bakti Sosial Dalam Rangka Rangkaian Reuni

"Saya sudah mulai kampanye tentang penggunaan obat yang itu long-acting, karena kalau tiap hari, sebagian besar mereka penderita ODGJ itu dari keluarga berpendapatan rendah, sehingga dia sibuk mencari makan, lalu lupa minum obatnya, tiap hari itu dia berat," kata Tri Rismaharini.

"Maka saya kemarin komunikasi dengan Pak Menkes untuk minta pengobatan long-acting yang hanya diberikan satu bulan sekali," sambungnya.

Pelayanan RSUD Banten Dikeluhkan Masyarakat, Tidak Dilayani Saat Hendak Berobat

Dengan metode pengobatan long-acting, diterangkan Tri Rismaharini, pasien ODGJ tidak perlu lagi minum obat setiap hari sehingga meminimalisir pasien absen minum obat akibat kelupaan atau kehabisan stok, baik di rumah maupun puskesmas.

Pasalnya, lanjut dia, kondisi kesehatan pasien ODGJ kembali menurun akibat lupa sehari meminum obat hingga kembali merugikan atau membahayakan orang sekitar, termasuk anggota keluarga pasien.

Halaman Selanjutnya
img_title