26 Ekor Badak Cula Satu Mati Diburu, Operasi Gabungan Baru Tangkap Enam Pelaku

Senjata Api Locok untuk Memburu Badak Cula Satu
Sumber :
  • Yandi/BantenViva

Banten.Viva.co.id - Kasus perburuan liar yang menghabisi nyawa 26 ekor badak cula satu atau badak Jawa terus bergulir. Sejak dilakukannya operasi gabungan oleh Polri dan Kementrian LHK, usai Polda Banten menerima surat laporan dari Kementrian LHK, pada 29 Mei 2023, baru ada enam tersangka yang ditangkap Ditreskrimum Polda Banten.

Sulit Dapatkan Gas 3kg? Ini Penyebabnya

Dari surat Kementrian LHK bernomor 176 serta Laporan Polisi Nomor 128, mengenai terjadinya perburuan liar di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). Kemudian Polda Banten melakukan koordinasi dan membentuk tim gabungan untuk melakukan operasi dan menangkap pemburu liar di kawasan TNUK. Total, ada 116 personel yang masuk kedalam tim gabungan, berisikan personel Polri dan Kementrian LHK.

Selama operasi itu, polisi telah menetapkan 14 tersangka dan baru menangkap enam pelaku perburuan liar badak cula satu, mereka berinisial SN, AT, SR, LL, IS dan SA. Sedangkan sisanya berstatus buronan.

Survei Kinerja Polda Banten, Begini Hasilnya..

Polisi gabungan menangkap pemburu badak Jawa inisial AD di TNUK.

Photo :
  • Istimewa

Polda Banten baru mengungkap dua kelompok sindikat perburuan liar badak cula satu. Nyaris satu tahun operasi gabungan dilakukan dan masih ada delapan pelaku yang belum tertangkap.

Dana Desa Banyuresmi Tahun 2024 Tembus Rp1,22 M, Terbesar se Kecamatan Jiput

"Dalam pelaksanaan operasional Satgas tersebut berhasil mengungkap kasus pemburuan badak liar dengan mengamankan enam tersangka dan barang bukti 360 senjata api rakitan, peluru, bubuk mesiu serta tulang belulang dari bangkai badak dan alat berburu lainnya," ujar Kapolda Banten, Irjen Pol Abdul Karim, Selasa, 11 Juni 2024. 

Dari operasi gabungan itu, penangkapan pelaku pertama terjadi pada 26 November 2023, berinisial N yang bertugas sebagai penembak, dengan barang bukti dua unit senjata api locok dan dua unit HT. Selanjutnya pada 17 Maret 2024, menangkap YG yang berperan menjual cula badak. 

Halaman Selanjutnya
img_title