Ketersediaan Beras di Banten, Diperiksa Satgas Pangan Mabes Polri

Satgas Pangan Periksa Stok Beras di Banten
Sumber :
  • Polda Banten

Banten.Viva.co.id - Pasar tradisional, retail modern hingga gudang Bulog diperiksa Satgas Pangan Mabes Polri dan Polda Banten. Saat pemeriksaan dilakukan pada Rabu, 21 Februari 2024 lalu, mereka mengklaim ketersediaan bahan pangan, terutama beras di wilayah Banten, terbilang aman.

DPRD Banten Apresiasi Bulog Jaga Ketersediaan Pangan di Lebak dan Pandeglang

"Kami hadir disini khususnya terkait dengan ketersediaan dan distribusi beras baik beras premium maupun beras medium yang SPHP dari Bulog sejauh ini pantauan cukup aman dan tersedia," ujar Brigjen Pol Whisnu Hermawan Februanto, Kasatgas Pangan Mabes Polri, dalam keterangan resminya, Jumat, 23 Februari 2024.

Brigjen Pol Whisnu mengklaim, tiga pekan menjelang Ramadhan, ketersediaan beras cukup aman dan dijual di pasar-pasar tradisional serta toko retail.

Harga Jual Cula Badak Jawa Bisa Beli Mobil Mewah

Mengenai kenaikan harga beras di pasaran, karena terjadinya perubahan iklim yang mengakibatkan masa tanam berubah, sehingga menyebabkan harga gabah naik.

Sedangkan pembatasan penjualan beras ke masyarakat, untuk mengantisipasi panic buying hingga penimbunan beras.

Fakta Enam Badak Cula Satu Ditembak Mati Pemburu Liar di TNUK

"Kenaikan harga di pasar diakibatkan naiknya harga pembelian gabah dari petani akibat iklim atau cuaca pancaroba. Pembatasan penjualan oleh retail dilakukan agar tidak ada panic buying dan agar tidak ada pihak yang melakukan penimbunan," terangnya. 

Ketersediaan Beras Diperiksa Satgas Pangan Mabes Polri

Photo :
  • Polda Banten
Halaman Selanjutnya
img_title