7 Kotak Suara Dibuka Sebelum Proses Pleno, TPS di Tangsel Bakal Gelar PSU

Simulasi pemungutan suara pada Pemilu 2024 di Kabupaten Tangerang
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Sejumlah Tempat Pemungutan Suara atau TPS di Kelurahan Jelupang, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, dijadwalkan menggelar Pemunguta Suara Ulang atau PSU usai melanggar aturan adminitrasi dalam penyelenggaraan pemilu 2024.

Bawaslu Banten Buka Rekrutmen Panwascam untuk Pilkada 2024, Begini Caranya!

Dimana, tersebar luas tindakan anggota KPPS yang membuka kotak suara dengan kondisi tersegel, usai pemungutan suara berlangsung pada 14 Februari 2024 lalu.

Padahal dalam aturan, kotak suara belum diizinkan untuk dibuka sebelum tahapan pleno.

ASN Maju Dalam Pilkada 2024, KPU Tangerang : Wajib Undurkan Diri Lebih Dulu

Alhasil, para anggota KPPS tersebut pun mendapatkan sanksi peringatan, dan KPU menerima sanksi adminitrasi yang diberikan oleh Bawaslu Kota Tangerang Selatan.

Komisioner KPU Tangsel Divisi Hukum dan Pengawasan, Bambang Dwitomo mengatakan, dari hasil pemeriksaan, peristiwa yang terjadi di Jelupang, pembukaan kotak suara dilakukan untuk mengambil hasil C pleno untuk menyelaraskan hasil rekap dengan hasil sertifikat salinannya.

KPU Tangerang : Proses Pendaftaran Pemilukada 2024 Dibuka Bulan Mei

"Jadi, salinan C1 ini lupa di foto, akhirnya biar cepat dibuka kotaknya untuk diambil salinan itu, difoto dan diselaraskan dengan hasil rekap di TPS. Memang secara aturan melanggar. Makanya, kami telah panggil pihak-pihak terkait untuk diberi sanksi peringatan, mengingat proses pemilu ini masih panjang," katanya, Kamis, 22 Februari 2024.

Alhasil, pihaknya pun mendapatkan sanksi adminitrasi berupa PSU yang nantinya akan dijadwalkan sesuai dengan hasil koordinasi dengan KPU Provinsi Banten.

Halaman Selanjutnya
img_title