Mahfud MD Gagal Membangun Citra Politik di Mata Publik, Tidak Efektif Dongkrak Elektabilitas

AB Solissa dan Mahfud MD
Sumber :
  • Instagram @sumsel.24

Banten.viva.co.id –Mundurnya Mahfud MD dari jabatan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin jadi sorotan.

Hasil Sirekap KPU Nyatakan Ganjar Pranowo-Mahfud Md Menang 44,49 Persen di Amerika Serikat

Seperti diberitakan, Mahfud MD maju di pertarungan Pilpres 2024 sebagai cawapres nomor urut 2, mendampingi Ganjar Pranowo.

Direktur Eksekutif Partner Politik Indonesia, AB Solissa menyindir langkah mundurnya Mahfud MD yang dianggap terlambat sehingga tidak menimbulkan efek kejut dan gagal membangun citra di mata publik. 

Siap-siap Pegawai Non ASN Bakal Terima Kejutan Akhir Tahun dari Menteri PANRB, Apa Itu?

AB Solissa menjelaskan, Mahfud ingin mencoba mengambil posisi berseberangan dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menilai hal itu merupakan sebuah kekeliruan.

Mahfud lari seolah-olah dari tanggung jawabnya sebagai menteri dengan keluar dari lingkaran kekuasaan. Hal itu berarti agar Mahfud lebih leluasa menyerang atau mengkritik kebijakan pemerintah terutama terkait permasalahan hukum.

Rekrutmen CASN Segera Dibuka, Ini Formasi untuk Guru, Menteri PANRB: Jadi Prioritas Utama

“Mundurnya Mahfud dari jabatannya sebagai Menkopolhukam bisa dilihat dari dua perspektif. Pertama, Mahfud ingin mengambil posisi yang berseberangan dengan pemerintah yang dipimpin oleh Jokowi saat ini,” ujar AB Solissa, Minggu 4 Februari 2024.

AB Solissa menjelaskan, indikator mantan Ketua MK itu berancang-ancang nyerang pemerintah sebelum mundur, Mahfud membahas sejumlah tokoh yang saat ini sudah tidak lagi berpihak kepada Presiden Jokowi, termasuk di antaranya Ketua Umum PDI Perjuangan (PDI) Megawati Soekarnoputri

Halaman Selanjutnya
img_title