Penjelasan Bawaslu Soal Pasar Murah Yang Diduga Dilakukan Kubu Ganjar-Mahfud

Ketua Bawaslu Banten, Ali Faisal
Sumber :
  • Yandi Sofyan/banten.viva.co.id

Banten.Viva.co.id - Tim Advokasi Masyarakat Pendukung Prabowo-Gibran (Tampung Pagi) Gerakan Banten Nyata (GBN) mempertanyakan sikap Bawaslu, mengenai adanya pasar murah sembako di 210 titik Jawa Barat-Banten. Acara itu bertajuk Canvassing Ganjar-Mahfud yang dilaksanakan pada Minggu, 14 Januari 2024.

Tak Lagi Dianggap di PDIP, Jokowi dan Gibran Gabung Golkar, Benarkah Begini Fakta Sebenarnya

Tampung Pagi GBN mensinyalir gerakan itu merupakan gerakan money politik gaya baru. Sehingga perlu di dalami oleh Bawaslu.

Lalu bagaimana penjelasan Bawaslu Banten? Menurut pengawas pemilu itu, bazar atau pasar murah sembako yang diduga dilakukan pendukung Ganjar-Mahfud, bisa saja masuk kedalam ranah pidana. Jika itu terjadi, maka diselesaikan oleh Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu). 

Bawaslu Banten Buka Rekrutmen Panwascam untuk Pilkada 2024, Begini Caranya!

"Kalau misalkan ditarik pada money politik, memberikan atau menjanjikan barang dan materi lainnya kan pidana, pidana kan yang ngurus menegakkan bukan hanya Bawaslu, ada jaksa dan polisi di Sentra Gakkumdu, kita terus berkoordinasi tentang itu, karena memang deliknya pidana, kalau memang masuk ditarik kesitu. Tapi kita bazar nya dulu, kalau bazar nya kan boleh," ujar Ali Faisal, Ketua Bawaslu Banten, ditemui di ruangannya, Senin, 15 Januari 2024.

Ali Faisal menerangkan bahwa untuk pengadaan bazar tidak dilarang dalam Peraturan KPU nomor 15. Dimana, setiap pasangan calon bisa melakukan sosialisasi atau kampanye dengan cara lain, seperti lomba, seni dan budaya.

Kapolres Serang Bagikan Sembako Ke Pemulung dan Kaum Duafa

Karenanya, Bawaslu Banten masih menunggu laporan dari tim di kabupaten dan kota mengenai agenda bertajuk Canvassing Day Ganjar-Mahfud tebus murah sembako yang digelar kemarin, Minggu, 14 Januari 2024.

"Ini yang sedang kita telusuri dan minta report dari temen-temen yang melakukan pengawasan di kabupaten kota, mudah-mudahan malam ini terkumpul report nya dari temen-temen kabupaten kota, seperti apa sih jalannya tebus murah itu," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title