Kena Tipu Besi Scrap di Kota Cilegon, Pengusaha Merugi Miliaran Rupiah

Polda Banten Tangkap Penipuan Besi Scrap
Sumber :
  • Yandi/BantenViva

Banten.Viva.co.id - Seorang investor sekaligus pengusaha, tertipu oleh orang yang menjanjikannya akan mendapatkan limbah besi atau scrap di Kota Cilegon, Banten.

Harga Jual Cula Badak Jawa Bisa Beli Mobil Mewah

Akibatnya, pengusaha merugi hingga Rp 1 miliar, akibat ditipu dua pelaku, yakni AS (50) warga Kecamatan Jombang dan AD (45) warga Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon. Sedangkan korbannya bernama Matruji Efendi.

Dimana, pada Oktober 2022 kedua tersangka AS dan AD, mengajak korban Matruji untuk bekerjasama membiayai modal usaha lima paket pekerjaan, yaitu pembelian timah putih 1 dan 2, paket logam alumunium 1 dan 2, paket besi scrap 50 Ton, dengan nilai Rp1 miliar.

Fakta Enam Badak Cula Satu Ditembak Mati Pemburu Liar di TNUK

Tersangka berjanji akan mengembalikan dua minggu setelah penyerahan uang. Korban juga dijanjikan mendapat keuntungan sebesar Rp 86juta atas tawaran tersebut. Korban tertarik dan menyerahkan uang kepada AD sebesar Rp895 juta dan AS sebesar Rp120 juta dengan cara transfer.

"Setelah tanggal jatuh tempo kedua tersangka tidak mengembalikan uang dan keuntungan yang dijanjikan. Korban mencari tahu kebenaran pekerjaan yang dijanjikan tersebut, korban mendapatkan informasi kedua tersangka tidak pernah membeli scrap sesuai dengan paket yang ditawarkan. Atas kejadian tersebut, korban melaporkan kedua tersangka ke Polda Banten pada 11 Januari 2023, dengan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan sebagaimana Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP," ujar AKBP M Akbar Baskoro, di Mapolda Banten, Jumat, 12 Januari 2024.

Catatan Mudik, Wisata Hingga Arus Balik Idul Fitri 2024

Besi Pembatas Jalan

Photo :
  • Polresta Serkot

Hasil pemeriksaan dan bukti yang didapat, AD dan AS menggunakan uang itu untuk kepentingan pribadi. Hal itu berdasarkan keterangan para saksi dan pemeriksaan bagang bukti lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title