35 Desa di Banten Akan Terapkan Sistem Pelayanan Masyarakat Berbasis Digital

Bimtek Aplikasi Digitalisasi Desa Digdaya Provinsi Banten.
Sumber :
  • Yandi Sofyan/banten.viva.co.id

Banten.viva.co.id – Sebanyak 35 kepala desa yang datang dari sejumlah wilayah di Provinsi Banten mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi digitalisasi desa, di salah satu hotel di Kota Serang, Rabu 3 Januari 2023. 

Cara Sirekap Bekerja, Aplikasi Hitung Suara Pemilu Milik KPU

Bimtek aplikasi digitalisasi dengan nama "Desa Digdaya" bertujuan agar memudahkan pengelolaan desa. Di dalamnya tersedia sistem informasi desa, portal desa, data kependudukan, layanan warga, UMKM Market, hingga geospasial.

Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Banten, Uhedi mengatakan, bimtek aplikasi digitalisasi merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh pihaknya untuk memajukan potensi yang ada di desa.

Gunakan Aplikasi Sirekap Pemilu 2024, Pemerintah Tangerang Petakan Blank Spot Area

Tak hanya itu, lanjut Uhedi, dengan adanya aplikasi digital yang bisa diterapkan di setiap desa, dirinya mengharapkan pelayanan terhadap masyarakat bisa tetap berjalan meski sedang berada dimana pun.

"Memang ini sebuah upaya untuk teman-teman di desa lebih inovatif dan maju, potensi desa bisa ke angkat, termasuk pelayanan tanpa kita ada di tempat tetap bisa melayani," kata Uhedi, Rabu 3 Januari 2023 malam.

Geger Penemuan Bayi Dalam Kantong Plastik

Ketua Apdesi Banten, Uhedi

Photo :
  • Yandi Sofyan/banten.viva.co.id

Sementara itu di tempat yang sama, Pj Gubernur Banten Al Muktabar memberikan apresiasi atas inovasi yang dihadirkan melalui aplikasi digital bagi para perangkat desa sehingga menjadi terobosan baru dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Halaman Selanjutnya
img_title