1 November 2023 Semenanjung Ujung Kulon Resmi Ditutup, 3 Spot Wisata Ini Akan Dibatasi

Semenanjung Ujung Kulon
Sumber :
  • Instagram @nikkipeucang

Banten.viva.co.id – Balai Taman Nasonal Ujung Kulon secara resmi menutup jalur treking Cilintang - Karang Ranjang - Kalejetan - Legon Pakis di Semenanjung Ujung Kulon seluas 32 ribu hektare untuk wisatawan. 

Wisata Air Terjun Curug Ciporolak di Kabupaten Lebak Banten Ini Tawarkan Pesona yang Tak Terlupakan

Berdasarkan Surat Edaran P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tengang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi penutupan Semenanjung Ujung Kulon mulai berlaku pada 1 November 2023.

Penutupan wilayah Semenanjung Ujung Kulon untuk wisatawan dilakukan sebagai upaya untuk mengembalikan areal jelajah Badak Jawa sehingga bisa kembali terlihat di tempat-tempat yang dulu kerap dijumpai.

Ayo ke Banten Aja, Wisata Pulau Peucang, Surganya bagi Para Penyelam dan Snorkeling

Sungai Cigenter Ujung Kulon

Photo :
  • Instagram @ujungkulon_adventure

Selain itu, ditutupnya areal Semenanjung Ujung Kulon bagi wisatawan menjadi langkah Balai Taman Nasional Ujung Kulon untuk mencegah terjadinya perburuan liar satwa-satwa yang ada di Kawasan TNUK.

Ayo Kunjungi Destinasi Wisata Pantai Pulo Manuk di Selatan Pulau Jawa, Cocok untuk Liburan

"Karena memang badak itu sudah susah dijumpai di tempat yang biasanya dijumpai, artinya badak sudak tidak mau lagi ke situ karena sudah mulai rame orang. Jadi kita menutup areal tersebut sehingga diharapkan badak bisa kembali ke lokasi yang dulu merupakan jalur-jalur wisata. Dan bisa dibilang begitu (antisipasi perburuan liar). Jadi kalau dilarang itu sudah tidak ada pengecualian orang masuk ke dalam TNUK, kecuali diperkenankan buat penelitian dan patroli," kata Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Ardi Andono melalui sambungan telepon, Selasa 24 Oktober 2023.

Itu berarti, ditutupnya Semenanjung Ujung Kulon membuat wisatawan yang hendak berziarah ke Sanghiyang Sirah dipastikan sudah tidak bisa melalui jalur darat dan harus menggunakan perahu dengan melalui jalur Perairan Bidur.

Halaman Selanjutnya
img_title