Mau Buka Usaha Kedai Kopi Namun Modal Kecil? Simak 4 Trik Berikut Ini, Dijamin Lancar
- Pixabay
Banten.viva.co.id – Dari zaman dulu istilah warkop atau warung kopi sudah tidak asing di telinga. Namun, kesannya seperti warung sederhana yang hanya menyajikan varian kemasan sachet yang tinggal langsung seduh. Kini, warkop sudah berinovasi dengan merangkak menjadi kedai.
Ide untuk membuka usaha kedai kopi biasanya identik dengan kaum milenial masa kini. Varian berbagai jenis kopi dari mulai yang hitam hingga campuran berupa latte, americano, espresso, hingga avocado coffee menambah daftar menu legit yang menarik untuk dicicipi.
Untuk beberapa hal bahkan minuman seperti ini lebih dijadikan sebagai gaya hidup atau suatu cara untuk mengakrabkan diri dalam pergaulan. Tidak sedikit penikmatnya yang datang bukan untuk sekedar minum, namun juga mengerjakan tugas atau berdiskusi.
Sekedar ngobrol santai di warkop juga menjadi tujuan beberapa anak muda menghabiskan waktu luang. Para pemilik usaha kedai kopi saat ini sudah banyak yang berimprovisasi dengan menjual kemasan literan agar bisa dinikmati di rumah selama pandemi covid-19.
Untuk Anda yang gemar minum kopi, ini saatnya untuk mengembangkan diri dengan membuka usaha kedai kopi. Kesuksesan dimulai dari hal kecil dan langkah tepat. Untuk itu, sebelum terjun, pahami dulu beberapa trik berikut ini:
1. Menyusun Konsep
Sebagai tempat nongkrong, konsep dari warkop modern haruslah jelas. Terlebih lagi sekarang ini sudah banyak usaha serupa berseliweran di mana-mana. Ada yang mengatasnamakan kata-kata puitis sebagai merknya, ada juga yang hanya ikut-ikutan agar tren.
2. Dekorasi Interior dan Eksterior
Dekorasi akan menjadi garda depan konsumen dalam menilai apakah suasana di dalamnya nyaman atau biasa saja. Berbagai sajian menu nikmat berpadu dengan desain menarik akan membuat pelanggan betah berlama-lama hingga berpotensi memesan lebih banyak menu.
3. Barista Terbaik
Salah satu kekuatan dari usaha warkop modern adalah penampilan barista dalam meracik minuman di hadapan para pelanggan. Tidak harus tampan, namun harus enak dipandang. Daya tariknya bisa dari berbagai hal, bisa karena kemampuan meracik hingga kepercayaan diri.
4. Manfaatkan Media Sosial
Terakhir, memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk atau promosi berbagai menu di warkop. Sediakan juga jasa pesan antar untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin minum kopi dari rumah. Agar tidak rugi, coba inovasi dengan menu minuman literan.
Trik di atas sedikitnya dapat membantu Anda dalam mengembangkan usaha kedai kopi di manapun lokasinya berada. Pemilihan tempat yang strategis harus masuk ke dalam pertimbangan karena akan menentukan seberapa ramai pembeli yang akan berdatangan.