Pilot dan Penumpang Tewas Dalam Peristiwa Jatuhnya Pesawat Yeti Airlines di Nepal

Bangkai pesawat Yeti Airlines di Nepal
Sumber :
  • Viva

BantenPeristiwa jatuhnya pesawat Yeti Airlines di Pohara, Nepal pada hari Minggu, 15 Januari 2023, dalam kejadian ini 68 orang tewas.

Musibah kecelakaan jatuhnya pesawat Yeti Airlines tercatat sebagai kecelakaan udara terburuk dalam tiga dekade di negara tersebut.

Menurut laporan yang kami terima, seperti yang kutip dari berbagai media, kronologi kecelakaan pesawat Yeti Airlines yang terbang dari Kathmandu ke bandara Internasional yang baru Pokhara.

Diketahui, bandara tersebut merupakan bandara baru yang dibuka pada bulan ini. YT691 dioprasikan oleh ATR 72-500 terdaftar 9N-ANC.

Yeti Airlines 691 berangkat dari Kathmandu sekitar pukul 05.47 UTC (Waktu Universal Terkoordinasi). Data posisi pesawat hingga pukul 5.05, kemudian sinyal terakhir diterima pesawat pada pukul 5.12 pada ketinggian 2875 ft AMSK, ketinggian Bandara Pokhara sekitar 2700 kami AMSL.

Pada masa penerbangan, transponder pada pesawat ini mengirimkan data ketinggian dan kecepatan yang salah.

Data posisi 7 menit sebelum data terakhir pesawat diterima penerbangan terhenti. Pesawat mengirimkan data ketinggian, kecepatan, serta perpanjangan Mode S hingga pukul 05.12.