Mengenal SH Terate, Pencak Silat Asli Indonesia

Lambang PSHT
Sumber :
  • Istimewa

Banten.Viva.co.id - Setia Hati Terate atau kerap disingkat SH Terate, sebuah pencak silat asli Indonesia yang sudah ternama. Pakaian serba hitam, ada tali dibagian dada dan kain putih yang dililitkan dipinggang bagi 'Warga' nya, sebutan bagi anggota SH Terate.

1,2 Juta Warga Banten Terjerat Pinjol, Nilainya Mencengangkan

Warga SH Terate tersebar nyaris diseluruh Indonesia, sebelum resmi menjadi atau di sahkan menjadi 'Warga', para pesilat SH Terate baru menjalani berbagai tempaan fisik, mental dan rohaninya. 

Mengutip dari website www.psht.or.id, Rabu, 31 Januari 2024, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), didirikan di Madiun, Jawa Timur, pada 1922, oleh guru sepuhnya bernama Ki Hadjar Hardjo Oetomo. Ki Hajar Hardjo Oetomo (1888-1952), seorang pahlawan perintis Kemerdekaan RI. 

Napi Lapas Tangerang Kendalikan Peredaran Sabu dan Obat Keras Lintas Provinsi

Hingga kini, pusat persilatan SH Terate, berada di Madiun, sebuah daerah yang diapit oleh Magetan, Ngawi dan Ponorogo.

Mas R.M. Imam Koesoepangat (kanan) sedang berlatih bersama siswanya

Photo :
  • PSHT.or.id
Penempatan Sidoarjo, Loker Staf HR di PT Sentralsari Primasentosa, Kirim CV Terbaikmu Segera

PSHT semula bernama Setia Hati Pemuda Sport Club (SH PSC) yang berbentuk organisasi. Nama ini kemudian menjadi Persaudaraan Setia Hati "Pemuda Sport Club" dan akhirnya diubah menjadi "Persaudaraan Setia Hati Terate", dalam kongres pertama di Madiun, 25 Maret 1951.

Perkembangan dan penyebaran PSHT tidak terlepas dari jasa beberapa tokoh yang turut membesarkan PSHT, diantaranya RM Soetomo Mangkudjojo, Santoso Kartoatmodjo, Irsyad, Mas RM. Imam Koesoepangat dan Mas KRT Tarmadji Budi Harsono.

Halaman Selanjutnya
img_title