Bahaya Nyeri Kaki Langsung Diurut, Bisa Sebabkan Robekan Legimen

Dokter spesialis ortopedi dan traumatologi, dr. Andi Praja Wira
Sumber :
  • Sherly / viva

Banten VIVA - Nyeri kaki kerap terjadi pada setiap orang, terutama yang memiliki aktitifas cukup padat. Terkadang, bila kaki sudah mulai nyeri, beberapa orang langsung mengambil tindakan dengan cara urut.

Prediksi Skor Indonesia VS Irak di Piala Asia U-23, Sekda Tangerang 2-1 Untuk Indonesia

Namun ternyata dari sisi medis hal itu pun tidak dianjurkan, terlebih pada kaki yang mengalami kondisi keseleo.

Berdasarkan hasil penelitian, kaki nyeri dan keseleo harus ditangani dengan metode tertentu, karena bila langsung diurut nyatanya bisa memperparah kondisi dengan menyebabkan robekan legiman.

Kampus Tangerang Buka Program Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri, Ini Syarat dan Kuotanya

Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi, dr. Andi Praja Wira Yudha Lutfi, Sp. OT mengatakan, kondisi kaki yang nyeri terutama akibat keseleo, sangat tidak dianjurkan untuk diurut, karena ini bisa memperparah kondisi kaki dengan adanya pelebaran robekan legimen.

"Kaki nyeri, terutama karena keselo itu jangan diurut. Ada metode yang dianjurkan untuk kondisi ini, yakni RICE," katanya di Tangerang, Jumat, 19 JanuariĀ 2024.

Kader Nasdem Serahkan Berkas Pencalonan ke PKB Dalam Pilkada 2024 di Tangerang

RICE merupakan singkatan dari tahap penanganan pada kaki yang nyeri. Pertama, R adalah Rest, pasien atau orang dengan kondisi nyeri, diminta untuk beristirahat dalam beraktiftas, menenangkan sejenak kondisi kaki yang sedang nyeri.

Kedua, I adalah Ice, dimana penderita diminta untuk melakukan penanganan dengan memberikan ice atau es pada kaki yang nyeri untuk mengurangi rasa sakit.

Halaman Selanjutnya
img_title