Tim Ansor Channel Terbitkan Buku Gus Yaqut: Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia

Kakanwil Kemenag Banten memberikan buku Gus Yaqut.
Sumber :

Banten.viva.co.id – Tim Ansor Channel bersama Rayyana Publishing menerbitkan buku yang berjudul 'Gus Yaqut - Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia'.

Erlangga Yudha Nugraha Kembalikan Formulir Ke PKB, Serius Maju Pilkada Kota Tangerang

Dikutip dari rayyana.id, penerbitan buku Gus Yaqut tersebut berangkat dari obrolan santai antara Wakil Sekjen GP Ansor, Ahmad Rifqi Al Mubarok dan Direktur Rayyana Publishing, Salim Shahab tentang literasi.

Berangkat dari obrolan itu, di samping kekhawatiran tentang ancaman disintegrasi bangsa karena bombardir paham intoleran dan takfiri yang berbading terbalik dengan gelora moderasi beragama, sembari meneropong sepak terjang Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) sejak kecil, muncullah ide untuk menuliskan buku ini.

Biaya Haji 2024 Capai Rp93 Juta, Menteri Agama Yaqut: Bisa Dicicil

Meski banyak tokoh yang getol mengkampanyekan moderasi beragama, namun berbeda dengan Gus Yaqut yang dinilai sebagai tokoh penegak moderasi beragama yang memiliki gerbong besar, yakni Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan barisan ‘paramiliter’-nya, Banser.

Keberadaan organisasi ini menjadi penting karena mereka yang anti- moderasi didukung massa yang banyak yang sering kali melakukan demo yang mengganggu ketertiban umum.

Catat! Ini Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024

Gus Yaqut beserta GP Ansor dan Banser merupakan benteng yang tangguh. Ia dan organisasinya sering berhadap-hadapan baik secara ide maupun gerakan massa dengan kaum intoleran dan radikal yang juga sering melakukan provokasi verbal dan gerakan massa jalanan. Bahkan mereka juga sangat ‘berisik’ di dunia digital.

Dalam kurun waktu antara 2015 hingga 2019, sosok Gus Yaqut menjadi pusat perhatian nasional. Banyak tindakan yang dilakukan untuk menunjukkan betapa ia dan GP Ansor berprinsip tegas: Menjaga 4 Pilar Bangsa yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Halaman Selanjutnya
img_title