Ini Alasan Tim Esports Harus Ada Manajer, Ternyata Dampaknya Besar Loh Bagi Para Player

Ilustrasi turnamen Esports
Sumber :
  • Istimewa

Banten.viva.co.id – Semakin berkembangnya industri esports di Indonesia atau bahkan di seluruh dunia, hal tersebut telah berdampak pada bertambahnya jumlah lapangan pekerjaan di sektor esports. Salah satunya adalah “ketua tim esports” yang kini dianggap sebagai bagian paling penting penting dari kancah esports.

Profil dan Fakta-fakta Menarik AURA Laura Zhipora, Pernah Heboh Soal Video Skandal di Kamar Hotel ?

Organisasi esports populer mulai mempekerjakan lebih banyak orang khususnya untuk posisi manajemen tim esports yang mereka miliki. Kehadiran manajer memang diperlukan di setiap perusahaan pada umumnya, termasuk juga dalam dunia esports. Sosok manajer esports ini berperan dalam mengendalikan dan mengkoordinir alur perkembangan organisasi.

Dalam sebuah tim esports, posisi manajer ini memiliki peran vital dan penting dalam perkembangan pemain dan kompetisi. Manajer esports memiliki peran penting dalam sebuah tim karena mereka harus mengelola semua aktivitas pemain, baik operasional maupun komersial. Aktivitas operasi semuanya terkait dengan kompetisi, sedangkan aktivitas bisnis terkait dengan jadwal non-kompetitif pemain, seperti endorsement.

Pemain Mobile Legends Harus Tau, Ini Keunggulan dan Cara Mudah Mendapatkan Diamond Kuning

Seorang manajer esports harus bisa berkomunikasi dengan baik karena harus mendengarkan semua pendapat pemain dan menjadi penengah jika terjadi kesalahan dalam tim. Manager juga menjadi jembatan bagi pemain untuk berinteraksi dengan tim esports papan atas. Oleh karena itu, pengelola tim esports harus profesional dan tidak memihak siapapun dalam tim untuk menjaga keharmonisan tim.

Kamu tidak harus menjadi pemain esports profesional untuk menjadi manajer tim esports. Paling tidak, untuk menjadi pemimpin tim harus bisa berkomunikasi dengan baik, membaca mentalitas setiap pemain dan bersikap profesional. Karena tugas seorang manajer sangat berat, gaji yang diterimanya juga di atas rata-rata.

Perjalanan Allyc, Mulai dari Streamer hingga Jadi Talent RRQ, Benarkah Karena Pengaruh Lemon?

Katakanlah manajer tim esports di AS dapat melampaui angka Rs 580 miliar per tahun.Di Indonesia sendiri, seorang pengelola tim esports diyakini bisa mengantongi pendapatan puluhan juta rupiah setiap bulannya. Tugas seorang manajer di tim esports tidak jauh berbeda dengan tugas manajer tim olahraga pada umumnya. Mereka tetap bertanggung jawab untuk menangani administrasi dan mengelola kebutuhan kelompok.

Biasanya, peran manajer bertanggung jawab untuk mengelola program pelatihan, memenuhi kebutuhan tim sebelum dan sesudah turnamen – seperti mendaftar dan menerima hadiah setelah acara atau pertandingan berlangsung. Selain mengelola kebutuhan tim, mereka membantu organisasi esports mendapatkan dukungan dan menghubungkan para gamer profesional dengan sponsor merek untuk memastikan kebutuhan organisasi terpenuhi.

Halaman Selanjutnya
img_title