Indonesia Pamerkan Produk Unggulan di Pameran Halal Terbesar di Dunia, Ada Gula Aren Asal Banten

Gula Aren Banten
Sumber :
  • Istimewa

Banten.Viva.co.id - Indonesia kembali berpartisipasi di pameran halal internasional terbesar di dunia Halal Expo 2023, Istanbul Expo Center, Istanbul, Turki, pada 23 - 26 November 2023. Melalui kerja sama Pusat Pemberdayaan Industri Halal (PPIH) Kementerian Perindustrian, KBRI Ankara, dan KJRI Istanbul, 18 produk unggulan Indonesia yang mencakup industri makanan dan minuman, obat-obatan, hingga fesyen muslim difasilitasi untuk dipamerkan di Paviliun Indonesia.

Bacagub Banten Silaturahmi Idul Fitri 2024 ke Pelosok Banten

Kepala PPIH Kementerian Perindustrian, Mohammad Ari Kurnia Taufik menyatakan bahwa, pameran yang diselenggarakan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ini merupakan apresiasi bagi para industri unggulan Indonesia yang telah mendapatkan award maupun usaha kecil-menengah yang sudah memiliki sertifikasi halal.

"Setiap tahun kami memberikan penghargaan kepada pelaku industri halal. Adapun kriteria pelaku industri tersebut beragam, ada yang mengarah pada CSR, inovasi, penggantian bahan baku, dan lain sebagainya. Salah satu bentuk upaya untuk mempromosikan industri tersebut dan industri kecil lainnya yang telah memiliki sertifikat halal seperti Gugula, adalah dengan berpartisipasi dalam ajang pameran domestik maupun internasional, seperti Halal Expo Turki," papar Ari, dalam keterangan resminya, ditulis Minggu, 10 Desember 2023.

Sama-sama Cantik, Airin dan Pantai di Lebak

Turki sebagai salah satu anggota OKI dapat menarik perhatian negara-negara non-OKI untuk melirik produk-produk halal di Indonesia. Ari berharap setelah berpartisipasi dalam Halal Expo Turki 2023, produk-produk Indonesia lebih dikenal oleh anggota negara OKI. 

Dirinya berharap, setelah mengikuti ajang Halal Expo Turki 2023 ini, produk kita dapat dikenal luas khususnya anggota OKI.

Bulog Terus Kendalikan Inflasi Lewat Gerakan Pangan Murah di Lebak, Stok Aman Hingga Lebaran

"Saat ini, yang menjadi perhatian konsumen terletak pada kemasannya, apabila kemasan sudah mendapatkan label halal, ke depan dapat disesuaikan dengan karakteristik negara tujuan," terangnya.

Hal tersebut juga diamini Atase Perdagangan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Turki oleh Banny R. Ramadhani. Menurutnya, partisipasi industri halal Indonesia pada Halal Expo Turki 2023 berpeluang menarik perhatian para potential buyer. 

Halaman Selanjutnya
img_title