Kawasan Gunung Bromo Tak Ditutup Total Meski Alami Kebakaran, Wisatawan Masih Bisa ke Seruni Point

Kebakaran Gunung Bromo. (Sumber; Viva.co.id).
Sumber :

Banten – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa wisatawan masih bisa berkunjung ke Kawasan Gunung Bromo kendati saat ini tengah dilanda kebakaran akibat flare prawedding.

Jelang Lawan Uzbekistan, Shin Tae Yong Nikmati Kelapa Muda Bareng Keluarga

Menurut Khofifah, wisatawan bisa memilih jalur alternatif melalui Seruni Point agar bisa tetap menikmati keindahan Kawasan Gunung Bromo dikarena hingga saat ini masih tetap dibuka.

"Sekarang kita bisa tetap ke Bromo itu di Seruni Point. Jadi kalau lihat matahari terbit kemudian landscape Bromo itu di Seruni Point, jadi tak sepenuhnya ditutup. Bahwa ada yang ditutup iya, savana itu ditutup untuk sementara, tapi ada Seruni Point itu ga ditutup," ungkap Khofifah kepada awak media saat tengah melakukan kunjungan kerja di Kota Serang, Provinsi Banten, Senin 11 September 2023.

1,2 Juta Warga Banten Terjerat Pinjol, Nilainya Mencengangkan

Khofifah menyampaikan, bahwa sekitar 1.300 hektar lahan di Kawasan Gunung Bromo ludes terbakar sejak mengalami kebakaran akibat flare prawedding pada Rabu 6 September 2023 lalu.

Kendati demikian, ia memastikan bahwa titik api di areal Gunung Arjuno telah berhasil dipadamkan. Namun areal Gunung Weliran dan Gunung Bromo sampai saat ini mengalami kebakaran.

Napi Lapas Tangerang Kendalikan Peredaran Sabu dan Obat Keras Lintas Provinsi

"Kalau (gunung) Arjuno itu sekirar 1.300 hektar (terbakar), tapi sudah 3 hari lalu totally padam. Karena saya sudah memantau lewat udara. Bahwa ada titik (api) di Weliran, ada titik (api) lagi di Bromo masih ada," terangnya.

Diakui Khofifah, medan terjal menjadi salah satu kendala petugas di lapangan dalam upaya memadamkan kobaran api di kawasan Gunung Bromo sehingga tidak bisa dilakukan secara manual.

Halaman Selanjutnya
img_title