Dorong Golok Jadi Warisan Budaya, Polda Banten Akan Gelar Seminar Internasional Bersama 13 Negara

Ilustrasi Golok Banten (Kumparan)
Sumber :

BantenPolda Banten akan menggelar seminar Internasional Golok Banten pada Sabtu 12 Oktober 2022 bersama 13 Negara. Seminar ini bertujuan untuk menetapkan Golok Banten menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang mendunia.

Polda Banten Berduka

“Golok yang merupakan peninggalan leluhur harus dilestarikan, karena jika dilihat dari sejarah maka golok memiliki sejarah yang istimewa di Indonesia khususnya di daerah sunda , dan pada zaman dahulu golok merupakan senjata dikalangan raja tanah sunda ,” kata Dirtahti Polda Banten AKBP Agus Rasyid , Senin ( 17/11).

Agus mengatakan pada kegiatan yang bakal diikuti 13 negara ini bukan hanya digelar seminar saja. Tetapi ada kegiatan lain, seperti penobatan Tokoh Golok Pusaka Indonesia, dan Pameran Golok Pusaka berusia ratusan tahun.

Kapolda Banten Minta Maaf Secara Terbuka Kepada Masyarakat

“Nantinya pada saat pelaksanaan seminar Internasional Golok Banten di Mata Dunia akan diikuti oleh beberapa negara antara lain Belanda, Prancis, Italia, Amerika Serikat, Meksiko , Malaysia dan negara sahabat lainnya,” kata Agus.

“Dukungan ini salah satu itikad baik untuk memperjuangkan Golok sebagai warisan budaya Indonesia, yang selanjutnya pusaka Banten dapat segera memulai ke Unesco sebagai kekayaan Budaya Indonesia,” tutupnya .

Masih Ada 91 Ribu Kendaraan Pemudik Belum Kembali dari Bakauheni ke Merak