RS Swasta di Tangerang Ajak Ilmuan Belanda Tingkatkan SDM Kedokteran Nuklir di Indonesia

Kerjasama Siloam Hospitals dan Antoni Van Leeuwenhoek
Sumber :
  • Sherly/viva

Banten VIVA - Kanker menjadi salah satu penyakit yang menakutkan, hal ini karena pertumbuhannya yang tidak diketahui, serta proses penyembuhannya memakan waktu cukup banyak.

Pemkab Tangerang Terus Berupaya Atasi Kematian Ibu, Bayi dan Kasus Stunting

Dengan kondisi itu, para ilmuan pun berbondong-bondong menemukan cara dan solusi untuk melakukan penanganan pada proses penyembuhan yang bisa mematikan atau membuat tidur sel kanker.

Salah satunya, metode menggunakan nuklir. Meski terdengar asing, namun pengobatan menggunakan nuklir telah digunakan pada beberapa proses penyembuhan kanker.

Antrean Berburu Makanan Khas Jepang di Mal Membludak, Pengelola Lakukan Penutupan Sementara

Melihat hal ini, para ilmuan di bidang kedokteran pun mulai melakukan pengembangan teknologi dengan adanya kerjasama. Seperti yang dilakukan rumah sakit swasta di Kabupaten Tangerang, yakni Siloam Hospitals.

Di mana, sebagai bagian dari komitmen Siloam Hospitals MRCCC untuk terus memberikan pelayanan penyakit kanker terbaik kepada masyarakat, pihaknya mengadakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan The Netherlands Cancer Institute (AVL/NKI).

Kejari Tangerang Keluarkan SP3 Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Tanah RSUD Tigaraksa

Chief Executive Officer MRCCC Siloam Hospital Semanggi, Dr Edy Gunawan mengatakan, kerjasama dengan ilmuan asal Belanda itu meliputi dua termal waktu, jangka pendek dan jangka panjang. Dimulai dari jangka pendek, dalam waktu dekat akan ada pelatihan para nakes yang terkait dalam kedokteran nuklir.

"Sama-sama kita tahu, bahwa dalam departemen kedokteran nuklir, membutuhkan SDM tidak hanya dokter, tapi ada juga perawat, radiologi dan sebagainya. Dimana di Indonesia, pelatihannya itu sangat langka, makanya nanti akan ada tenaga ahli dari AVL/NKI yang akan melakukan berbagai pelatihan tersebut," katanya, Selasa, 10 September 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title