Survei Kinerja Polda Banten, Begini Hasilnya..

Gedung Utama Polda Banten.
Sumber :
  • Istimewa

Banten.Viva.co.id - Sebuah survei menyatakan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polda Banten sangat tinggi, mencapai 83,59 persen.

Peran Penculikan dan Pembunuhan Anak yang Wajahnya di Lakban

 

Survei itu mencakup beberapa poin penilaian, seperti sarana dan prasarana, bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan layanan hingga kesesuaian layanan.

Polisi Tangkap Pelaku Penculikan dan Pembunuhan Anak yang Wajahnya di Lakban

 

Survei yang dilakukan oleh Alvara Research Center juga dilakukan untuk mengetahui citra Polda Banten di masyarakat.

Penambahan Masa Penahanan Kades Tangerang Usai Terlibat Pemalsuan Tanah Dalam Program PTSL

 

"Dari hasil riset yang kita lakukan tentang kepuasan masyarakat secara umum terhadap Polda Banten yaitu sebesar 83,59 persen," ujar Hasanudin Ali, Founder Alvara Research Center, Rabu, 19 Juni 2024.

 

Ali menjelaskan, diakhir 2023, terjadi perubahan pucuk pimpinan, Kapolda Banten berganti dari Irjen Pol Rudy Heriyanto ke Irjen Pol Abdul Karim. Kemudian di medio 2024, terjadi proses politik, Pileg dan Pilpres. Polri kerap kali mendapat umpatan terkait netralitasnya.

Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim

Photo :
  • Atiah/VivaBanten.com

Terkait kinerja dan citra Polda Banten, survei itu dilakukan di enam wilayah polres pada Juni 2024, dengan jumlah responden sebanyak 1.016 orang yang berusia diatas 17 tahun, mengunakan multistage random sampling dengan margin error kurang lebih 3,1 persen.

 

Ali mengatakan nilai atau indeks kepuasan masyarakat dapat terus berubah dari waktu ke waktu yang dipengaruhi oleh kepentingan masyarakat.

 

"Angka 83,59 persen tersebut menunjukan persepsi kepuasan pelayanan Polda Banten sudah baik. Semakin tinggi harapan atau kepentingan masyarakat maka akan menuntut performa layanan yang lebih baik. Artinya performa positif Kepolisian di Polda Banten dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, tetap diperlukan inovasi dan perbaikan untuk meningkatkan performa sarana prasarana hingga kemampuan personel, sehingga dapat menjaga kepuasan masyarakat," jelasnya.

 

Persoalan dan permasalahan yang perlu mendapatkan perhatian atau prioritas adalah curanmor dan kecelakaan lalulintas.

 

Survei ini juga menggali berbagai permasalahan keseharian yang dirasakan masyarakat, antara lain pencurian kendaraan 65,4 persen, kecelakaan lalu lintas 52,5 persen, ketertiban dan kepatuhan lalu lintas 36,6 persen, judi online 29,0 persen, narkoba 20,3 persen, tawuran pelajar 19,2 persen, begal 17,2 persen, penipuan dan hipnotis 16,8 persen, balap liar 16,7 persen, geng motor 16,2 persen hingga bullying 15,7 persen.

Polda Banten Raih Penghargaan dari Lemkapi

Photo :
  • Polda Banten

Terkait dengan konsep dan slogan Presisi yang didengungkan oleh Kepolisian RI di polda Banten, sebesar 58,4 persen masyarakat Banten menilai dengan adanya Presisi, kinerja Polri dari waktu ke waktu lebih baik.

 

Sedangkan untuk transformasi digital sebanyak 61,1 persen masyarakat Banten menilai sangat bermanfaat. Kemudian ada 93,6 persen masyarakat ingin mengetahui kegiatan dan program kepolisian untuk dapat disosialisasikan dan dikomunikasikan dengan baik, melalui media televisi serta media sosial yang saat ini banyak digunakan masyarakat seperti Youtube, Instagram, Tiktok, maupun Facebook.

 

"Tentunya gaya komunikasi di sosial media dapat disesuaikan dengan sasaran kegiatan atau program yang dimiliki tanpa mengurangi citra positif Polda Banten pada khususnya dan Kepolisian RI pada umumnya. Penanganan terhadap persoalan yang banyak dirasakan masyarakat tentunya akan dapat memberikan rasa aman, dan ke depan tidak hanya meningkatkan kepuasan masyarakat namun juga kepercayaan terhadap Kepolisian juga akan semakin baik," jelasnya.

Personel Polda Banten

Photo :
  • Istimewa